Mau Irit Renovasi Rumah Sendiri? Awas, Perhatikan 5 Hal Ini
Renovasi Rumah (Foto: desainrumahidamanku)

INAPEX.co.id, – Terkadang di saat sedang melakukan renovasi rumah tinggal, Anda tak bisa memutuskan sendiri ketika menemukan sebuah pertimbangan yang sangat sulit.

Tak jarang Anda harus minta saran dan masukan dari tukang untuk menentukan sikap yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Padahal, banyak yang sebenarnya tidak perlu atau tidak bisa sembarangan untuk direnovasi.

Salah-salah, hasilnya malah jauh dari ekspektasi Anda dan biaya yang dikeluarkan pun justru lebih besar bahkan bisa diluar dugaan.

Faktor biaya, keamanan, durasi pengerjaan, dan estetika hasil menjadikan persoalan tersendiri. Ketika seharusnya Anda dapat mempertimbangkan dan memutuskan sendiri, di saat berniat merenovasi rumah tersebut.

Namun, jika tidak yakin dengan kemampuan Anda atau tukang sekalipun, sebaiknya pilihlah jasa profesional untuk merenovasi rumah Anda.

Sebelum memutuskan akan diserahkan kepada siapa renovasi kali ini, perhatikan beberapa perihal sebagai berikut:

Skill

Anda dan tukang memiliki skill yang diperlukan untuk merenovasi rumah? tidak semua tukang dapat mengerjakannya. Anda harus berpikir dua kali akan hal ini.

Lantas, seberapa amankah proses pembangunan jika memutuskan merenovasi sendiri atau memakai tukang langganan?  Skill dalam pekerjaan ini juga memungkinkan proses berjalannya keberlangsungan renovasi pada rumah Anda.

Durasi

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan renovasi rumah tersebut, jika memutuskan untuk melakukannya sendiri atau menggunakan tukang ? Semakin lama perkiraannya, maka bisa memengaruhi biaya yang akan dikeluarkan.

Biaya

Berapakah biaya yang bakal dikeluarkan? Apakah bujet yang disiapkan cukup untuk merenovasi rumah sesuai yang diinginkan? Mana yang lebih hemat, melakukannya sendiri atau memakai jasa profesional seperti arsitek dan kontraktor?

Apakah perlengkapan yang dimiliki cukup memadai? Pertimbangkan hal ini, karena biaya merupakan hal yang fundamental pada saat anda berkeinginan membangun rumah atau merenovasinya.

Estetika

Apakah mampu dan yakin untuk menyelesaikan pembangunan rumah dan hasilnya bisa memuaskan jika dilihat dari segi estetika?

Kemudian juga harus dipikirkan, mengenai kemungkinan masih ada beberapa bagian rumah yang kurang terlihat sempurna pada saat pengerjaan sehingga hasilnya bisa mengecewakan?

Keamanan

Perhatikanlah faktor keamanan baik pada saat proses pembangunan hingga setelah bangunan selesai. Bahkan persoalan ini, membutuhkan perhitungan yang rinci.

Jika tidak yakin, sebaiknya yang Anda lakukan menghubungi kontraktor, tukang, atau arsitek profesional.

Mengapa sederet faktor tersebut harus dipertimbangkan? Pasalnya, banyak peroalan rumit dan bersifat teknis yang sulit dilakukan sendiri, saat merenovasi rumah.

(bs)