Berniat Pakai BPJS Ambil Hunian? Ini Pilihan Rumah Bodetabek
Pilihan Rumah Bodetabek Yang Pakai BPJS (Foto: bpjsketenagakerjaan)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Pemerintah terus melakukan inovasi untuk membantu masyarakat memiliki rumah sendiri, salah satunya dengan pakai BPJS. Sehingga ke depannya diharapkan tak ada lagi masyarakat yang ‘mengontrak’.

Program ini diadakan dari hasil kerja sama BPJS-TK dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN).

Bagi Anda yang tertarik menggunakan program ini, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan, diantaranya:

  1. Harga rumah maksimal Rp.500 juta (non-subsidi).
  2. Terdaftar sebagai peserta aktif selama minimal satu tahun.
  3. Rumah yang diajukan adalah rumah pertama peserta.
  4. Apabila pasangan suami dan istri merupakan peserta BPJS-TK, maka hanya satu pihak yang boleh mengajukan KPR.
  5. Jangka waktu maksimal kredit untuk pemilikan rumah hingga 20 tahun.
  6. Khusus untuk pengajuan KPR non-subsidi dan pinjaman uang muka, peserta atau debitur akan dikenakan suku bunga sesuai BI Rate ditambah 3% per tahun dengan skema anuitas tahunan berdasarkan perhitungan Bank BTN.

Bila Anda merasa telah lolos kualifikasi dan menyanggupi persyaratan di atas, maka saatnya memilih beberapa perumahan yang bisa diambil menggunakan BPJK-TK.

Bogor

  1. Acropolis

Berlokasi di Jalan Raya Karadenan, Cibinong, Bogor, hanya 2,2km dari Stasiun commuter line Cilebut. Harga rumahnya yang paling murah dipasarkan Rp.360 juta dengan luas bangunan 36m2 dan luas tanah 60m2. Sedangkan tipe 41/71 dipatok mulai Rp.371 juta.

  1. Panorama Bali Residence

Perumahan yang bisa dipilih untuk Anda yang belum sanggup mencicil rumah senilai Rp.300 jutaan, dapat melirik perumahan Panorama Bali Residence yang memasarkan hunian mulai Rp.200 juta.

Depok

  1. Cordova Residence

Ingin memiliki rumah dengan konsep syariah tidak sulit jika Anda menuju kawasan Depok. Salah satu perumahan yang dapat dibidik ialah Cordova Residence di Cilodong, Depok, dengan harga jual rumahnya yang dibandrol mulai Rp.489 juta dengan luas bangunan 36 dan luas tanah 78.

  1. Neo Bumi Citra Lestari

Jika bergeser ke area perbatasan antara Depok dan Bogor seperti Pengasinan, harga jual rumah memang lebih rendah. Terbukti, di Neo Bumi Citra Lestari rumah tipe 36/72 ukurannya hampir sama dengan Cordova Residence namun hanya Rp.307 Jutaan.

Tangerang

Perumahan ini juga dikembangkan oleh Panorama Bali Residence, dengan nama Panorama Sepatan yakni salah satu perumahan yang patut diincar peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sebab, harga rumah paling murah sekarang dibandrol Rp.428 Juta, sehingga masih bisa diambil menggunakan BPJS-TK.

Bekasi

Terakhir, untuk Anda yang menyukai kawasan Bekasi, dapat mengajukan permohonan KPR untuk unit di Pesona Puri Manggis 4 ke kantor BPJS sesuai domisili. Tersedia dua tipe yang dapat dipertimbangkan, yaitu tipe 36/75 seharga Rp.342 juta dan tipe 36/80 senilai Rp.357 Juta.