Masih Tersedia, Jadwal Mudik Gratis 2017!
Mudik Gratis (Foto: okezone)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan kegiatan mudik gratis pada musim Lebaran tahun 2017.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto mengatakan bahwa ada 46.225 sepeda motor dan 96.900 penumpang yang akan diangkut pada saat kegiatan, saat arus mudik serta arus balik.

Kemudian, pihak swasta yang menjadi mitra kerja Kemenhubakan mengangkut 2.115 unit sepeda motor. Untuk penumpang, yang akan diangkut sekitar 91.060 orang oleh BUMN dan 20.475 orang oleh mitra kerja.

“Jadi, boleh dikatakan sangat besar. Bahkan kapasitas subsidi mudik gratis juga ditambah,” tutur Pudji dalam sebuah diskusi di Galeri Nasional Jakarta, baru-baru ini.

Adapun kota tujuan untuk peserta mudik yang diselenggarakan Kemenhub, hanya wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah bagi pengguna moda transportasi bus. Keberangkatan akan dilakukan pada 19-23 Juni 2017.

Proses loading kendaraan akan dilangsungkan pada 19-20 Juni 2017 dan diberangkatkan pada 22 Juni 2017.

Hanya kota-kota tujuan terpilih saja yang akan dilayani proses pengangkutan kendaraan, diantaranya Semarang, Wonosobo, Purwokerto, Kebumen, Magelang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri dan Tegal.

Sedangkan, untuk arus balik, hanya tiga kota yang akan jadi lokasi loading kendaraan yaitu Yogyakarta, Solo dan Semarang. Loading akan berlangsung pada 29-30 Juni dan diberangkatkan pada 1 Juli.

Adapun pemberangkatan masyarakat ketika arus balik dilakukan pada 1 Juli 2017. Tidak hanya ketiga kota di atas, lokasi pemberangkatan akan dilaksanakan di Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Cirebon, dan Kudus.

Moda Kereta, ASDP dan RoRo

Bagi masyarakat yang akan menggunakan moda kereta api, Kemenhub membagi jalur keberangkatan menjadi tiga lintas, yakni lintas selatan 1, lintas utara,dan lintas selatan 2.

Semua keberangkatan akan dilangsungkan lewat Stasiun Jakarta Gudang. Untuk jalur lintas utara tujuan akhir yakni Stasiun Surabaya Pasar Turi. Sedangkan, untuk lintas selatan 1 dan 2 tujuan akhir masing-masing yakni Stasiun Kutoarjo dan Stasiun Kediri.

Untuk yang memilih angkutan laut, arus mudik dari Tanjung Priok ke Tanjung Mas akan dilangsungkan pada 17, 19, 21, dan 23 Juni 2017 dan arus balik pada 30 Juni, 2,4 dan 6 Juli 2017.

Angkutan penyeberangan, untuk arus mudik tujuan Semarang pada 17, 19, 21, dan 23 Juni dan arus balik dilaksanakan pada 29 Juni dan 1 Juli. Sedangkan, untuk tujuan Lampung pada 21 dan 23 Juni dan arus balik dijadwalkan pada 30 Juni dan 2 Juli.

Cara Pendaftaran

Semua proses pendaftaran bisa dilakukan secara online lengkap dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh setiap calon pemudik.

Pendaftaran untuk moda bus sudah dimulai pada 18 Mei-16 Juni 2017.

Sedangkan, pendaftaran untuk moda kereta dilaksanakan ada dua tahap, yakni Tahap I pada 16 Februari-16 April, dengan mekanisme pendaftaran motor serta fasilitas kemudahan membeli tiket kereta api sebanyak tiga penumpang, terdiri dari dua dewasa dan seorang anak-anak.

Untuk Tahap II berlangsung pada 17 April sampai 4 Juli 2017 dengan mekanisme pendaftaran motor saja.

Sementara itu, pendaftaran mudik gratis untuk moda kapal laut dan ASDP dimulai pada 30 Mei 2017.

Tidak hanya secara online, pendaftaran juga bisa dilakukan dengan cara manual dengan mendatangi lokasi yang sudah ditentukan.

Semua proses pendaftaran akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi. Berikut lokasi pendaftaran manual:

– Bus dan Truk: Gor Bulungan Blok M, Dishub Bekasi, Dishub Tangerang Selatan, Dishub Depok dan Dishub Tangerang Kota.

– Kapal laut: Kementerian Perhubungan, Kantor Pelni, Kantor ASDP, Pelabuhan Tanjung Priok dan TIJ Ancol.

Kereta Api: Stasiun Gambir, Stasiun Manggarai, Stasiun Jatinegara, Stasiun Senen dan Stasiun Kota.