Lucas Bangun Museum Sejarah Star Wars Untuk Generasi Mendatang
Museum Sejarah Star Wars (Foto: imad)

 

INAPEX.co.id, – Star Wars adalah salah satu franchise film tersukses sepanjang masa. Sejak pertama kali dibuat pada 1977, franchise film ini terus dibuat hingga saat ini.

Star Wars kini tak hanya hadir dalam layar lebar. Film animasi, film seri, dan sejumlah media lain tidak tertinggal dari demam Star Wars. Merchandise-nya sangat mudah ditemui.

Bisa dikatakan, kisah terbaik perang antara kebaikan dan kejahatan yang memperebutkan alam semesta ini jadi bagian dari budaya modern warga Amerika Serikat, kalau tak boleh dibilang seluruh dunia.

Oleh sebab itu, pencipta kisah Star Wars, George Lucas, berniat membangun museum yang diharapkan dapat merangkum semua sejarah dan perkembangan Star Wars agar selalu dikenang dan bisa diketahui oleh generasi di masa yang akan datang.

Setelah bermusyawarah, mereka mengumumkan Lucas Museum of Narrative Art akan dibangun di Exposition Park.

Letaknya bersebelahan dengan Natural History Museum of Los Angeles County dan California Science Center, sebuah tempat pesawat ulang-alik Endeavour.

Lucas sudah mencoba untuk membangun museum selama nyaris satu dekade. Diprediksi proyek akan menghabiskan lebih dari USD1 miliar atau Rp.13,33 triliun (kurs Rp.13.330 per USD).

Tadinya penentuan lokasi proyek pernah di Treasure Island, San Francisco dengan pemandangan yang indah di tengah-tengah teluk.

Tetapi, museum ini terlalu besar, bahkan untuk mengabadikan kisah Star Wars saja. Kelak, museum ini akan jadi rumah untuk koleksi-koleksi pribadi milik Lucas, diantaranya 40.000 lukisan, ilustrasi dan barang-barang yang berhubungan dengan film termasuk storyboard, kostum The Wizard of Oz, Casablanca, dan sudah pasti Star Wars.

Los Angeles tampaknya jadi pilihan yang pasti untuk Lucas, tak hanya karena warisan industri filmnya.

Ia juga merupakan alumnus dan penyumbang utama kepada sekolah film di University of Southern California, yang bagus di seberang jalan dari lahan museum.

Akan tetapi, Lucas mempunyai ikatan akan San Francisco yang kuat juga. Sebagian besar hidupnya sudah dihabiskan di Bay Area. Kota ini pun dapat disebut jadi rumah bagi Lucasfilm sampai Disney Co membelinya pada 2012.

Exposition Park juga menjadi rumah bagi LA Memorial Coliseum, di mana Trojans USC dan Los Angeles Rams bermain sepak bola, dan stadion tengah konstruksi untuk tim Major League Soccer baru, LAFC.

Sebuah jalur rel ringan yang dibuka hanya tahun lalu menghubungkan taman dengan pusat kota Los Angeles dan pantai ke Barat. Arsitektur museum ini menyerupai pesawat luar angkasa yang futuristik.