Rumah subsidi Griya Sutera tawarkan cicilan Rp.900 ribuan. (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Lokasinya dikawasan Bekasi, pengembang PJA Group menawarkan rumah subsdi paling murah yaitu kisaran Rp.141 Jutaan. Proyek ini bertajuk Pesona Gading Cibitung 2 tepatnya di Desa Wanajaya, Kampung Rawa Lele, Cibitung, Bekasi.

Proyek rumah murah berikutnya adalah Villa Gading Harapan 5 di Babelan, Bekasi serta Bukit Gading Balaraja di Cengkudu, Balaraja, Tangerang.

Ketiga proyek perumahan itu ditawarkan selama pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) mulai 2 – 10 Februari 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), dibandrol tak kurang dari Rp 150 juta, sudah bisa memiliki rumah dengan luas bangunan 29 meter persegi, dengan luas tanah 72 meter persegi untuk rumah di Pesona Gading Cibitung 2 dan Vila Gading Harapan 5.

Kemudian untuk rumah di Bukit Gading Balaraja memiliki luas tanah 60 meter persegi, harus membayar uang muka yang sangat terjangkau yakni Rp 7,5 juta. Uang muka lebih murah ditawarkan Pesona Gading Cibitung 2 cuma Rp 2,5 juta setelah didiskon Rp 5 juta.

Angsuran per bulan yang harus disiapkan oleh konsumen juga terhitung ramah kantong, yakni sekitar Rp 893.000 selama 20 tahun dengan suku bunga 5 persen.

Namun, karena ini merupakan rumah subsidi yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), syarat pembelinya pun berbeda dari rumah non-subsidi.

Paling tidak ada dua syarat yang harus dipenuhi konsumen untuk bisa membeli rumah seperti yang disebutkan di atas.

Pertama, calon pembeli wajib memiliki penghasilan maksimal Rp 4 juta per bulan. Tidak boleh lebih. Jika pekerjaannya sebagai karyawan, harus menunjukkan bukti penghasilan berupa slip gaji bulanan.

Namun, apabila profesinya sebagai wiraswasta atau pengusaha kecil, bisa menunjukkan rekening tabungan selama tiga sampai enam bulan terakhir. “Jadi kalau dia itu pegawai harus menunjukkan slip gajinya, tapi kalau wiraswasta ya harus ada rekening tabungan paling enggak tiga bulan terakhir,” jelas staf pemasaran Dodi.

Selain itu, PT. Indah Cemani Raya juga menawarhkan rumah subsidi yang bertajuk Griya Sutera dengan lokasi bisa ditempuh 2 menit ke Terminal Balaraja, serta 20 menit ke Stasiun Tiga Raksa.

Rumah subsidi Griya Sutera ini menawarkan tipe 25/60 yang dibandrol Rp.158 Juta atau bisa dicicil Rp.900 ribuan per bulan. “Syaratnya mudah, yaitu dilampirkan surat pengantar dari kelurahan bahwa belum pernah memiliki rumah,” jelas Nina.