Rumah Bersubsidi di Cikarang Green Sentosa Asri.
Rumah Bersubsidi di Cikarang Green Sentosa Asri.

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Ditengah keterbatasan lahan, tak dapat dipungkiri harga rumah kian terus melambung.

Bahkan meningkatnya harga properti, juga sangat menyulitkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk bisa memiliki rumah sendiri.

Namun demikian, saat ini MBR tak perlu merasa kawatir lagi karena disejumlah lokasi ternyata masih tersedia penyediaan rumah murah dengan harga yang sangat terjangkau. Tak hanya itu, lokasi ini juga banyak dilirik bagi para pengembang perumahan rakyat.

Selain Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang, ternyata di Bekasi dan Karawang juga banyak proyek perumahan baru dengan harga kisaran Rp116 juta – Rp 1 miliar.

Harga yang masih terjangkau ini dikarenakan masih tersedianya lahan yang akan dijadikan sebagai pemukiman. Kemudian, kedua lokasi tersebut juga menjadi lokasi favorit pengembang karena kemajuan infrastruktur yang sudah mulai lengkap.

Misalnya, adanya kawasan industri dan beberapa fasilitas umum seperti sekolah, pusat perbelanjaan, dan akses jalanan yang sudah mulai membaik.

Berikut ini daftar perumahan-perumahan yang berlokasi di Bekasi dan Karawang yang menawarkan rumah seharga Rp100 juta-an:

GRIYA INDAH CIKAMPEK

Perumahan pertama yaitu Griya Indah Cikampek yang berlokasi di Cikampek, Karawang. Tak hanya terdapat rumah tapak, melainkan fasilitas juga terdapat area komersial seperti ruko dan kios yang berada di depannya.

Lokasi perumahan ini juga cukup dekat dengan Kawasa Industri Indotaisei yang terdiri dari beberapa perusahaan industri terbesar seperti PT. Indotaisei Indah Development, PT. Yamatogomu Indonesia, dan PT. Kalbe Morinaga Indonesia, dan masih banyak lagi.

Harga rumah yang ditawarkan berkisar Rp116,5 juta – Rp253 juta, untuk tipe 30 (rumah subsidi) dan tipe 36 (rumah komersial).

BUMI SAKINAH

Selanjutnya yaitu Perumahan Bumi Sakinah 4 yang berlokasi di Cibitung, Bekasi. Perumahan yang dibangun di atas lahan 10 Ha ini memiliki keunggulan dari segi akses lokasi yang strategis. Sejumlah akses jalan yang berada di sekitar perumahan ini antara lain, Tol Cibitung – Tambun, Tol Bekasi Utara Cibitung – Cilincing (Tanjung Priok), Stasiun Kereta Api Cibitung – Tambun, RSUD, dan Pasar Induk Cibitung.

Harga rumah di Bumi Sakinah 4 sebesar Rp 167 juta, dengan tipe 36/60. Fasilitas yang disediakan PT. Buana Media Nusantara sebagai pengembang antara lain, konsep rumah klaster dengan one gate system, keamanan 24 jam, dan taman.

GREEN SANTOSA ASRI

Kemudian, Green Santosa Asri merupakan sebuah hunian yang berlokasi di Cikarang Utara, Bekasi. Total area perumahan ini seluas 7 hektar, yang berada dekat dengan Kawasan Industri Jababeka, Delta Mas, dan PT. Sakura Sejahtera.

Perumahan Green Santosa Asri menawarkan rumah sebanyak 400 hunian yang sebagian tahap pembangunannya sudah ready stock (siap huni). Salah satu tipe rumah yang sudah jadi adalah Tipe 32/60 seharga Rp135 juta. Fasilitas yang ditawarkan antara lain sungai buatan, jogging track, taman, sarana olahraga, dan tempat ibadah.