Cara Mudah Merawat Rangkaian Bunga Mekar Lebih Lama
Rangkaian Bunga Mekar Lebih Lama (Foto: jamieaston)

 

INAPEX.co.id, – Menghias rumah dengan rangkaian bunga akan lebih menarik dibandingkan memakai bunga imitasi. Tidak hanya memiliki aroma harum, penampilannya juga sedap dipandang.

Sayangnya, kelemahan bunga segar adalah cepat layu. Namun, ada cara mudah supaya bunga segar yang dipotong bisa mekar dalam jangka waktu lebih lama jika dilakukan perawatan yang benar.

Berikut ini lima cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri untuk membuat bunga mekar lebih lama.

Soda Manis

Campur seperempat cangkir soda dengan air ke dalam vas bunga. Pakailah soda yang memiliki rasa manis. Pasalnya, gula pada soda secara perlahan mempengaruhi kesegaran bunga menjadi lebih lama.

Jika memakai vas kaca, Anda dapat memilih soda yang tak berwarna, seperti Sprite atau Seven-Up sehingga warna air tak berubah. Selain itu bisa ditemukan dengan mudah di warung atau minimarket terdekat.

Hair spray

Siapa sih yang tidak tahu produk satu ini? produk yang membuat rambut bertahan lebih lama saat acara penting Anda. Ternyata hair spray juga bisa membuat bunga segar lebih lama.

Caranya, dengan mengeluarkan bunga dari dalam vas. Semprotkan sedikit hair spray pada bagian bawah batang dan daun bunga. Beri jarak saat menyemprotkan hair spray.

Cuka Apel

Cuka apel dapat Anda gunakan juga untuk menjaga bunga segar lebih lama. Yaitu dengan menambahkan dua sendok teh cuka apel dan dua sendok teh gula pada air, lalu aduk hingga rata.

Setelah itu, masukan campuran tadi ke dalam vas bunga dan masukkan bunga yang sudah dirangkai ke dalam vas.

Pemutih (Bleach)

Produk pemutih tanpa disadari bisa membantu kesegaran bunga Anda. Caranya, campurkan seperempat sendok teh pemutih dalam satu liter air. Kemudian tambahkan satu sendok teh gula ke dalamnya dan aduk sampai rata.

Campuran pemutih bisa menjaga air tetap jernih dan mencegah pertumbuhan bakteri yang membuat tangkai bunga cepat membusuk.

Gula Pasir dan cuka putih

Dua barang ini tentu mudah dibeli, bahkan mungkin sudah tersedia di rumah Anda. Caranya dengan melarutkan tiga sendok teh gula dan dua sendok teh cuka putih dalam satu liter air hangat.

Masukkan campuran gula pasir dan cuka sekitar tujuh sampai sepuluh cm. Gula berfungsi sebagai pemberi makan tanaman dan cuka mencegah pertumbuhan bakteri. Maka dari itu bisa menjadikan bunga lebih tahan lama kesegarannya.

Silahkan mencoba !