Lakukan Hal ini Agar Anggota Keluarga Betah di Rumah
Buat Anggota Keluarga Anda Betah di Rumah (Foto: verifitedforskolin)

 

INAPEX.co.id, – Siapapun pasti akan setuju bahwa rumah merupakan tempat yang paling ideal untuk menenangkan diri.

Beberapa penghuni rumah mengartikan “peaceful” dengan berbagai cara seperti pemilihan furniture, desain interior, hingga pencahayaan yang pas. Padahal ada satu yang tidak kalah pentingnya untuk membuat tenang rumah yaitu peredam suara.

Misalnya ketika Anda sedang sakit dan membutuhkan banyak waktu istirahat dirumah, tiba-tiba suara bising motor tetangga sangat mengganggu pemulihan. Tentu ini sangat menjengkelkan bukan!

Untuk itu INAPEX.co.id, punya beberapa cara yang dapat dilakukan agar meredam suara bising dalam rumah.

Memberikan Karpet

Bunyi langkah kaki kadang akan menimbulkan suara yang dapat menggangu Anda di rumah. Untuk itu, disarankan menggunakan karpet lantai agar mengurangi suara kaki yang melangkah di rumah. Tetapi, jika tidak ingin memasangnya disetiap ruangan rumah, cukup memasangnya di beberapa titik yang sering dilintasi saja.

Perbaiki Jendela

Suara bising seringkali muncul disela-sela jendela, untuk itu disarankan untuk memasang weather stripping di setiap jendela. Weather stripping sendiri merupakan metode yang bisa mengisi celah di jendela dengan menggunakan karet khusus, serta dapat mengganti kaca dengan tiga panel untuk meredam suara dari luar rumah.

Menganti pintu

Mengubah pintu dengan desain solid sangat dianjurkan oleh Asosiasi Nasional Pintu dan Jendela Kayu. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi kebisingan suara dibandingkan menggunakan pintu dengan desain berukir.

Mengganti lantai

Mengganti lantai yang menimbulkan suara mendecit dirasa menjadi solusi paling efisien untuk mengurangi kebisingan. Dengan memasang lantai yang baru, ini akan mengurangi kebisingan tapi sebelumnya diharuskan melepas lantai pertama terlebih dahulu.

Memanfaatkan rak buku

Jika Anda seorang yang mengemari buku, sepertinya wajib berterimakasih. Ternyata, kehadiran buku bermanfaat untuk meredam kebisingan di dalam rumah. Pastikan juga agar jumlah buku yang ada pada rak tidak renggang dan padat untuk memaksimalkannya.

Pasang Gorden

Selain berfungsi sebagai penangkal cahaya matahari yang masuk ke rumah, tetapi ternyata juga berfungsi mengurangi suara bising. Pilihlah gorden yang berbahan tenunan tebal seperti brokat, wol ataupun beludru, karena nantinya akan memaksimalkan dalam meminimkan suara bising.

Anda tentu mengetahui gorden berfungsi mencegah cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Namun ternyata gorden juga mampu mengurangi suara bising yang hendak masuk kedalam rumah.

Terlebih jika Anda memilih bahan yang terbuat dari tenunan tebal seperti brokat bermotif, beludru ataupun wol. Untuk memastikan bahwa gorden berfungsi secara maksimal bisa mengurangi suara, pasang gorden mengelilingi dinding ruangan dan juga jendela.

Pergunakan Insulasi

Penggunaan insulasi dirasa paling efektif untuk mencegah suara bising. Tak hanya sebagai peredam suara, insulator juga bisa mengurangi panas  matahari yang masuk ke dalam rumah.