Unit Familia Urban Type 36. (Foto: Timah Properti)

BEKASI, INAPEX.co.id – Diatas lahan sekitar 176 hektar, PT Timah Karya Persada Properti (Timah Properti) sedang mengembangkan untuk hunian bernuansa hijau bertajuk Familia Urban dikawasan Mustikajaya, Kota Bekasi.

Manager Realty Timah Properti, Teguh Suhanta menjelaskan, di kawasan hunian Familia Urban ini, nantinya akan dibangun 44.000 unit rumah tapak.

Proyek pembangunannya akan berlangsung 10-11 tahap dalam jangka waktu penyelesaian proyeknya 20 tahun lagi,” jelasnya, di sela-sela prosesi Tanam 1.000 Pohon Trembesi di lokasi proyek tersebut.

“Untuk tahap pertama, ada tiga cluster yang akan dibangun, totalnya sebanyak 670 unit,” ujar Teguh Suhanta.

Dari total lahan 176 hektar itu, 40 persen diantaranya menjadi ruang terbuka hijau.

“Untuk pembangunan rumah, sebanyak 70 persen rumah tapak, selebihnya berupa area komersial seperti ruko, pasar tradisional hingga mal. Tahap pertama dibangun rumah tapak,” kata Teguh Suhanta.

KEUNGGULAN

Konsep ini akan mengorientasikan pedestrian sebagai sistem sirkulasi utama dalam perancangan kawasan. Konsep Pedestrian City yang human-oriented ini tentunya akan memudahkan penghuni untuk beraktivitas sehari-hari dengan berjalan kaki.

FASILITAS

  • Work: office
  • Education & Religious: Sekolah, Universitas, Masjid, Gereja, Vihara, dll
  • Leisure: Taman, Sports Court, Mall, dll
  • Daily Needs: Rukan, Minimarket, Pasar, Apotik / Puskesmas, Bengkel, service, dll

Karakter masterplan yang ingin dihadirkan yaitu kawasan yang terbuka ( open city), dimana kawasan didesain padat, heterogen, dan memiliki diversitas yang tinggi.

Pertumbuhan secara horizontal ditunjang dengan pemanfaatan ruang terbuka publik yang tinggi akan menghasilkan fenomena ever-growing community.

Kompleksitas terutama pada pedestrian menjadi penting, dimana kompleksitas akan meningkatkan durasi aktivitas di jalan (trotoar) menjadi lebih lama (bisa hampir 24 jam), sehingga kota tidak akan pernah sepi dan terus hidup bahkan terus berkembang.