Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Dirut BTN Maryono ketika membuka pameran Indonesia Properti Expo di JCC Senayan. (Foto: dok.inapex)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Dirut BTN Maryono ketika membuka pameran Indonesia Properti Expo di JCC Senayan. (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Kredit Pemilikan Rumah (KPR) mikro terhadap pekerja non formal diprediksi akan dihimpun melalui Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Bahkan, KPR mikro diwacanakan karena selama ini pekerja non-formal yang berkategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mengalami kesulitan untuk mengakses KPR reguler.

Para pekerja MBR non-formal tak memiliki penghasilan tetap sehingga dinilai berisiko untuk diberikan fasilitas KPR.

“Ya untuk sampai sekarang ini belum ada peraturan non-formalnya, mungkin nanti kalau ada Tapera bisa masuk ke sana,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta, belum lama ini.

Selain itu, Basuki berharap 2017 nanti KPR mikro tersebut bisa digabung di Tapera sehingga akan menjadi lebih inklusif peraturannya.

Kemudian, selain bakal digabung dengan Tapera, KPR mikro disebut juga memiliki unsur pemberdayaan dari perusahaan pembiayaan agar nantinya MBR non-formal ini bisa mengatur kreditnya dan sesuai dengan tujuan.

Direktur Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Maurin Sitorus menambahkan, harga rumah KPR mikro akan lebih rendah dari harga rumah subsidi atau di bawah Rp 133 juta dengan tenor 20 tahun.

Ajukan KPR Lewat Online

Terlepas itu, perkembangan teknologi digital dan penetrasi internet terus merambah ke berbagai sektor diantaranya termasuk disektor properti. Bagi yang ingin mengajukan Kredit Perumahan Rakyat (KPR), sekarang ini tidak perlu repot-repot lagi pergi ke bank.

Yaitu cukup dengan akses internet dan gadget pengajuan KPR bisa dilakukan. Melalui aplikasi sekarang mengajukan KPR bisa dilakukan secara online. KPR online ini berlangsung dilayanan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Pengajuan KPR online ini memang sengaja dilakukan untuk membantu masyarakat mengajukan KPR dengan mudah.