Kiat Bikin Ruang Tamu dengan Tipe Rumah Kecil. (Foto: HE)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Banyak kiat yang dapat diterapkan pada tipe rumah kecil dilahan yang terbatas. Untuk mengolah ruang tamu agar lebih efektif, kebutuhan penghuni, ada prioritas yang harus dipertimbangkan.

Menyediakan ruang tamu tersendiri misalnya, tak lagi efektif, karena sekarang makin sedikit tamu yang berkunjung ke rumah.

Namun demikian, justru fungsi ruang keluarga bisa ditingkatkan dan digandakan sekaligus sebagai ruang penerima tamu. “Rumah sekarang nggak besar, ruang keluarga bisa dirancang bersatu dengan ruang tamu, juga ruang makan,” kata Eliza Fazia, Country Marketing Manager IKEA Indonesia.

Ardan Hanafi, Deputy Communication & Interior Manager IKEA Indonesia menambahkan, perubahan kebutuhan masa kini harus bisa dijawabdalam desain ruang. “Ada perubahan kebutuhan emosi dari kesan formal menjadi personal pada ruang keluarga sekarang,” ujarnya.

Kegiatan sehari-hari di ruang keluarga akan menentukan jenis perabot yang penting ditempatkan. Ada keluarga yang tidak melibatkan televisi di ruang keluarganya. Maka memilih sofa yang nyaman untuk duduk dan mengobrol lebih diprioritaskan dibanding kabinet TV.

Jika lebih sering makan sambil nonton TV di ruang keluarga, wajib mempertimbangkan menaruh sebuah meja kecil atau coffee table.

“Pemilihan perabot untuk ruang keluarga sekarang lebih fleksibel, tidak melulu harus sofa dan meja, tapi juga bisa ada sudut bermain anak,” kata Ardan.

Ia juga mengingatkan untuk menyisihkan ruang personal bagi anak di ruang keluarga. Contohnya berupa karpet untuk duduk bermain atau menggambar.

Beberapa contoh ruang tamu yang berfungsi ganda sebagai ruang keluarga ini memanfaatkan area kecil dengan maksimal.

Pemilihan perabot sofa 2-3 dudukan dengan bantalan tebal dan empuk ditujukan untuk kenyamanan anggota keluarga bercengkrama dan bersantai.

Penempatan sofa disesuaikan dengan bentuk ruang dan kemudahan sirkulasi atau orang berlalu lalang.

Sisa ruang diisi sesuai kebutuhan, mulai dari meja sudut bulat kecil hingga meja kopi persegi. Tak ketinggalan karpet berwarna senada atau kontras dengan warna sofa untuk mencerahkan suasana dan tampil lebih berkelas.

Ruang tamu mungil ini difungsikan sekaligus sebagai ruang menonton TV bagi keluarga. Jenis sofanya perlu dipesan khusus (custom) supaya ukurannya pas dengan kondisi ruang, sehingga tidak mengganggu jalur sirkulasi dekat pintu masuk.

Meja bundar di bagian tengah juga didesain multifungsi dari bahan sejenis sofa, terdiri dari empat bagian yang bisa dipisah menjadi bangku tambahan.

Paduan warna pucat tampil manis di ruang tamu sekaligus ruang keluarga ini. Aksentuasi warna hanya dihadirkan melalui sofa panjang berwarna ungu burgundi yang juga tampak kalem.

Selebihnya perabot dipilih berwarna putih seperti sebuah arm chair bergaya klasik dengan sandaran tinggi yang ditempatkan dekat pintu masuk.

Begitu juga lampu dekoratif, meja konsol dan lukisan minimalis yang berlatar putih. Ruang ini berdampingan dengan ruang makan yang menyatu tanpa sekat dengan dominasi warna putih senada.