Syarif Burhanudin. (Foto: perumahan)
Syarif Burhanudin. (Foto: perumahan)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Kementerian Pekerejaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan memastikan fasilitas pendukung seperti meubelair di Rusun Atlet Asian Games XVIII Kemayoran, Jakarta sesuai standar yang ditetapkan Olympic Council of Asia (OCA).

“Kami pastikan furnitur dan meubelair yang ada di Rusun Atlet Asian Games XVIII sesuai dengan standar OCA atau Olympic Council of Asia,” tegas Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin usai meninjau show unit Rusun Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta, belum lama ini.

Menurut Syarif, sejumlah persoalan yang menjadi prioritas Kementerian PUPR mensukseskan ajang olahraga Asian Games XVIII mendatang yaitu kondisi wisma atlet. Sedikitnya 10 tower Rusun atlet dikembangkan Kementerian PUPR dua lokasi di kawasan Kemayoran yaitu tiga tower di blok C-2 dan tujuh tower di blok D10.

Lebih jauh dikatakan Syarif, sejumlah fasilitas pendukung yang telah disiapkan adalah furnitur yang ada di dalam unit Rusun Atlet tersebut diantaranya seperti kursi dan meja, tempat tidur dan lemari untuk tempat menyimpan pakaian para atlet.

Kemudian, fasilitas shower di kamar mandi serta dapur pun juga tersedia disetiap unit pada Rusun atlet tersebut. “Untuk tempat tidur atlet sudah kami siapkan sesuai standar OCA yakni panjangnya 1,9 meter. Lemari pakaian juga telah kami sediakan sehingga para atlet bisa menyimpan pakaian dan barang-barang pribadi lainnya,” tambah Syarif.

Ia menambahkan, akan terus mengecek kesiapan serta mencocokan spesifikasi teknis dari setiap furnitur dalam Rusun sehingga para atlet bisa tinggal dengan nyaman selama ajang Asian Games XVIII berlangsung. Selain itu, pihaknya juga akan menjelaskan berbagai hal-hal apa saja yang telah disiapkan oleh Kementerian PUPR dalam mensukseskan pelaksanaan Asian Games XVIII di Indonesia saat kedatangan OCA ke Jakarta bulan depan.

“Rencananya pada Februari mendatang perwakilan OCA akan datang langsung meninjau kesiapan wisma atlet di Kemayoran. Kami akan terus mencocokan spesifikasi furnitur agar para atlet bisa tinggal nyaman. Sedangkan pengadaan furnitur ini nantinya akan diproses lewat lelang Kementerian PUPR,” terangnya.

Sementara itu, bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin memiliki rumah layak huni dengan harga terjangkau dapat mengunjungi Indonesia Properti Expo, mulai tanggal, 11 – 19 Februari 2017 mendatang di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Direktur Operasional PT. Adhouse Indonesia Cipta Igad Permana sebagai penyelenggara pameran properti terbesar di Asia Tenggara tersebut mengaku tak hanya menjadi ajang promosi dan transaksi untuk perumahan saja, namun juga bakal dibanjiri diskon dan kemudahan proses pengajuan kredit kepemilikan properti (KPR).

“Karena kami bekerjasama dengan Bank BTN sebagai pelopor fokus pembiayaan perumahan, tentunya ini menjadi moment yang tak boleh dilewatkan bagi masyarakat. Tak cuma itu pameran terbesar ini juga menyuguhkan ratusan proyek dan melibatkan para pengembang dari seluruh Indonesia,” jelas Igad Permana.