Kementerian PUPR Koordinasi Soal Mekanisme Penyerahan Aset Perumahan. (Foto: PUPR)
Kementerian PUPR Koordinasi Soal Mekanisme Penyerahan Aset Perumahan. (Foto: PUPR)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan pembahasan terkait Sistem dan Mekanisme Penyerahan Aset Perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Dalam rapat yang dipimpin oleh Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja tersebut, serta melibatkan Kasubdit Fasilitasi Penyediaan Lahan Perumahan Direktorat Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Ruswanto dan perwakilan Bagian Umum dan Penatausahaan Barang Milik Negara Ditjen Penyediaan Perumahan.

“Kementerian PUPR kemarin sudah rapat dan segera melakukan inventarisasi terkait aset perumahan serta melakukan penghitungan nilai asetnya,” kata Endra, di Ruang Rapat Biro Komunikasi Publik, Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (2/11).

Endra mengatakan, pendataan aset nantinya akan dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96/PMK.06/2007 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Penggunaan, Pemanfaatan, Penghapusan, dan Pemindahtanganan Barang Milik Negara.

“Setelah semua berkas dokumen lengkap maka akan segera dilaksanakan proses penyerahan aset yang akan difasilitasi oleh Sekretariat Ditjen Penyediaan Perumahan,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ruswanto menambahkan, di lapangan sudah banyak hasil pembangunan khususnya program perumahan yang sudah ditempati masyarakat namun di sejumlah lokasi status kepenghuniannya masih belum jelas.

Ia mencontohkan, berdasarkan data di lapangan ada hasil pembangunan perumahan 2011 yang sudah diserahterimakan tapi ada juga pembangunan yang telah dilaksanakan pada 2012 lalu hingga saat ini belum diserahterimakan kepada penerima manfaat.

“Kami juga menginginkan agar proses serah terima aset perumahan bisa segera dilaksanakan agar tidak membebani keuangan negara,”paparnya.