Kalangan Urban, Lebih Suka Menyewa Daripada Membeli Apartemen
Ilustrasi (Foto: Indonesia Urban Studies)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Kalangan urban, lebih suka menyewa daripada membeli apartemen. Pasalnya, berdasarkan hasil salah satu situs pemasang iklan mengatakan sepanjang Januari-September 2017 dari 23.700 iklan apartemen per bulan di situs ini, lebih dari 12.300 iklan ialah apartemen disewakan sebanyak 52 persen, sisanya 11.400 adalah iklan apartemen dijual sekitar 48 persen.

Iklan apartemen yang disewakan ini naik 33 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Sedangkan iklan apartemen dijual hanya naik 7 persen.

Chief Commercial Officer OLX.co.id Agung Iskandar menuturkan bahwa meningkatnya popularitas apartemen sebagai hunian praktis dan efisien mendorong makin banyak investor membeli apartemen untuk disewakan.

“Dibanding rumah yang (pendapatan sewa)-nya hanya 3-5 persen, yield apartemen bisa 7-10 persen. Lebih bagus lagi kalau lokasi apartemennya strategis karena okupansinya bisa selalu di atas 80 persen,” jelasnya usai konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/10).

Berdasarkan provinsi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten dan Yogyakarta adalah daerah favorit penyewa apartemen. Di kawasan Jakarta sendiri, lokasi apartemen sangat ramai penyewanya malah di area penyangga Jakarta seperti Tangerang, Depok dan Bekasi.

Adapun untuk yang di tengah kota Jakarta umumnya di lokasi-lokasi yang bukan prime area tetapi dekat dengan area komersial, area perkantoran, kampus, dan transportasi massal seperti Pasar Minggu, Kemanggisan, Cipete, dan Grogol.

Penyewanya sudah lebih dari 70 persen yang didominasi oleh pekerja muda dan mahasiswa dengan rentang usia 21-35 tahun. Kalangan ini menginginkan hunian praktis dilengkapi fasilitas dan dekat dengan pusat aktivitas

“Yang menarik sekitar 43 persen masih menyewa di tempat lain dan 28 persen tinggal di rumah orang tua. Asumsinya mungkin dia masih cari apartemen sewa yang lebih bagus harga, bangunan fisik dan fasilitasnya, karena kontrak di apartemen lama akan habis,” jelas Agung.

Menurutnya, terdapat tiga faktor yang mesti dipertimbangkan kaum milenial ketika menyewa apartemen. Pertama, harganya harus terjangkau. “Kalau harga nggak masuk, ya sudah nggak akan nego, langsung dicuekin,” jelasnya.

Kedua, lokasi haruslah strategis dekat pusat aktivitas. Ketiga, fasilitas keamanannya selama 24 jam. “Ini (faktor) biasanya digunakan kalau di lokasi banyak penawaran apartemen. Yang fasilitasnya paling woth it akan dipilih,” tuntasnya.