Kabar Gembira, Mudik Ke Semarang Sudah Bisa Melalui Tol
Tol Semarang (Foto: merdeka)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 115 kilometer mulai dari Pintu Tol Brebes Timur (Brexit) sampai Waleri bisa fungsional dilewati pemudik pada H-10 Lebaran 2017.

Jalan tol tersebut diharapkan sudah memperoleh perkerasan beton, rambu-rambu, pencahayaan cukup, dan perbaikan akses keluar menuju jalan arteri kabupaten.

Dengan berfungsinya tol ini, pemudik tidak merasakan kemacetan di Kota Tegal, Kota Pekalongan, dan Kota Batang, khususnya kawasan Alas Roban yang biasanya memicu kemacetan parah.

“Kami akan fungsikan ruas tol satu arah dari Jakarta sampai Weleri, demikian juga saat arus balik. Saat ini kami pun tengah mengupayakan agar tidak hanya sampai Weleri tapi Ngaliyan di Semarang,” tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran pers yang diterima pers, belum lama ini.

Akan tetapi, lanjut Basuki, di Kendal masih ada sejumlah spot lahan yang baru dapat dibayarkan pada 8 Mei 2017.

Ia berharap setelah selesainya pembayaran ganti rugi tanah dan bangunan, panjang jalan yang dapat dilalui pada masa Lebaran bisa bertambah sampai Semarang.

Sementara itu, peningkatan pembangunan juga dirasakan Seksi 3 dan 4 Ruas Tol Pejagan-Pemalang di Jawa Tengah.

Kedua ruas ini progresnya sudah mencapai 81,95 persen. Kedua seksi tersebut akan melengkapi seksi 1 dan 2 yang sudah dioperasikan terlebih dahulu sampai Brebes Timur.

Kelak Ruas Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 37,4 kilometer sudah dapat dilewati pemudik.

Ruas tol ini akan tersambung dengan Ruas Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer yang pengusahaannya dilakukan oleh PT Pemalang Batang Toll Road dan sekarang ini sedang dalam tahap penyelesaian.

Basuki mengatakan bahwa dengan difungsikannya 115 kilometer jalan tol baru tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat agar tak terjebak kemacetan.

“Dari exit Brebes hingga exit Batang nantinya akan disiapkan enam akses keluar terbagi dua ke arah Utara dan empat ke Selatan, seperti Slawi dan Purwokerto,” ucapnya.

Tidak hanya itu, jalan tol yang difungsikan meliputi enam tempat istirahat (rest area) lengkap dengan toilet dan mushola. Sedangkan untuk stasiun pompa bensin akan dikordinasikan dengan PT Pertamina (persero) Tbk.