Jomblo Waktu yang Pas Untuk Investasi, Kenapa?
Waktunya Investasi (Foto: hipwee)

 

INAPEX.co.id, – Perencana Keuangan Yosephine P.Tyas, S.Kom, MM, CFP® sangat menyarankan Anda mempersiapkan pembelian properti saat lajang. Pasalnya, properti adalah aset dengan nilai besar yang kenaikannya sangat tinggi.

Oleh sebab itu, bila sudah mempunyai tabungan dana darurat yang cukup, kita dapat mulai mempersiapkan diri untuk mengambil kredit pemilikan rumah (KPR) atau kredit pemilikan apartemen (KPA).

Cicilan properti tersebut bersifat produktif sebab tak hanya dimanfaatkan sebagai investasi, namun juga penghasilan tambahan, misalnya dengan cara disewakan. Akan tetapi nilainya besar, Anda harus mengecek kondisi keuangan terlebih dahulu sebelum memutuskan mengambil KPA atau KPR.

Cari tahu juga apakah ada utang konsumtif yang wajib dilunasi atau tidak. Bila masih ada, lunasi terlebih dahulu seluruh utang konsumtif. Sesudah itu, siapkan dana untuk membayar uang muka senilai 30% dari nilai properti dan biaya-biaya tambahan, diantaranya biaya notaris, biaya provinsi, biaya administrasi, dan biaya lain-lain.

Bila pembelian rumah direncanakan untuk jangka panjang (di atas lima tahun), Anda juga seharusnya sudah mulai berinvestasi.

Penting!

  • Lakukan survei untuk memperoleh ilustrasi pembayaran KPR/KPA minimal dari tiga bank untuk membandingkan untung-ruginya. Pilih yang paling sesuai dengan keadaan keuangan dan lihat kemudahan fasilitasnya selama 10-20 tahun ke depan.
  • Sekarang, ada tawaran cash bertahap dengan jangka waktu 12-36 bulan. Jika tertarik, siapkan dana lebih banyak.
  • Cari tahu tipe bunga yang ditawarkan: bunga tetap (fixed rate), bunga berubah sesuai suku bunga pasar (floating rate), atau bahkan campuran, yakni fixed di 2-5 tahun pertama dan berikutnya floating.
  • Siapkan biaya tambahan untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), membayar tagihan air dan listrik, membeli isi rumah, serta biaya renovasi dan perawatan.

Pasalnya, berdasarkan pantauan INAPEX.co.id, kalangan milenial atau yang lahir mulai tahun 1980-2000 sudah banyak terlihat disejumlah booth perumahan dan apartemen.

Persiapan membeli rumah dari sekarang memang harus dilakukan, sebab banyak pengembang yang menyajikan rumah dan apartemen dengan cara pembelian yang mudah dan murah.

Jika sudah ada cukup uang dan diyakini pekerjaan sudah tetap bisa langsung memilih hunian sesuai kebutuhan dan selera yang diinginkan.

“Saya beli rumah itu penting, apalagi saya maunya punya rumah banyak untuk investasi. Kayanya enak aja ngumpulin rumah banyak nanti tinggal dikontrak-kontrakin. Makanya itu alasan saya beli rumah pertama di sini dan berlanjut kalau ada uang lagi,” ujar Salah satu pengunjung, Firman, di Hall B JCC Jakarta, Minggu (12/2).