Presiden Jokowi sesaat akan bertolak ke Turki. (Foto: istimewa)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Terkait ekonomi dan keuangan global, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyinggung soal perang terhadap penggelapan pajak bersama anggota G.20. karena dinilai bisa mendorong pertumbuhan ekonomi secara inklusif.

Pernyataan itu dikatakan Presiden Jokowi melalui Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin terkait kunjungannya ke Turki merupakan kunjungan balasan atas kunjungan sebelumnya oleh Presiden Erdogan ke Jakarta.

Seperti diketahui, Presiden RI Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah pejabat, di antaranya Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan Kepala BKPM Thomas Lembong, Rabu (5/7) pukul 07.20 WIB, bertolak Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, guna mengawali kunjungannya ke Turki dan dilanjutkan ke Jerman.

“Selain itu, Presiden juga akan memanfaatkan kunjungan tersebut untuk meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara dalam berbagai bidang. Di antaranya bidang ekonomi, industri strategis, hingga pemberantasan terorisme,” jelas Bey dalam siaran persnya, Rabu (5/7) pagi.

Sementara kunjungan Presiden ke Hamburg, Jerman, adalah untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara Group 20 (G-20).

Dalam KTT ini, menurut Bey, Presiden akan menyampaikan pesan agar G.20 dapat menjadi bagian dari solusi berbagai tantangan global. “Utamanya dalam menghadapi ancaman terorisme di mana Presiden akan menjadi pembicara utama dalam sesi tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, dalam perjalanan menuju Ankara, Turki, menurut Bey Machmudin, Presiden dan Ibu Negara Iriana singgah terlebih dahulu di Banda Aceh untuk memberikan ucapan selamat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah yang telah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 pada Rabu (5/7) ini pukul 09.00 WIB.

Tampak melepas keberangkatan Presiden dan Ibu Iriana, yaitu Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono.