Bedah rumah akan segera direalisasikan di Cilincing, Jakarta Utara. (Foto: istimewa)
Bedah rumah akan segera direalisasikan di Cilincing, Jakarta Utara. (Foto: istimewa)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Menjelang pencoblosan putaran ke dua Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017, program bedah rumah bakal direalisasikan dikawasan Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Bahkan, program bedah rumah itu akan dikerjakan lansung oleh ‘pasukan merah’.

“Tanggal 17 April nanti kami bedah rumah di Cilincing. Ada sekitar 40 sampai 50 rumah,” ujar Asisten Sekretaris Daerah bidang Tata Pemerintahan Bambang Sugiyono di Balai Kota DKI Jakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut dikatakan Bambang Sugiyono, material bangunan yang digunakan untuk program bedah rumah yaitu memanfaatkan dari dana coorporate social responsibility (CSR) dari sejumlah perusahaan swasta. Namun demikian, masih dikatakan Bambang, kontribusi yang diberikan oleh perusahaan itu tidak berupa uang tapi melainkan berupa bahan baterial bangunan sepenuhnya sesuai kebutuhan.

Kemudian, mantan Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono juga menjelaskan bahwa saat ini sedang dilakukan pendataan tentang kerusakan ke lapangan dari tim pelaksana bedah rumah. Ia mengakui, nilai bangunan yang bakal dibedah oleh ‘pasukan merah’ juga beragam, yaitu tergantung tingkat kerusakan rumah.

“Tapi kita perbaikinya permanen. Apakah akan merobohkan total, itu tergantung kondisinya nanti. Kalau kerusakannya tidak pada semua bagian bangunan ya tentu tidak usah,” katanya.

Menurut Bambang, pihaknya sekarang ini telah menyiapkan pasukan sedikitnya 25 ‘pasukan merah’ yang siap bekerja pada 17 April 2017 nanti. Namun demikian, pasukan itu juga tetap akan dibantu oleh pegawai harian lepas (PHL), satuan kerja perangkat daerah (SKPD). “Bantuan dari SKPD lain dibutuhkan sambil menunggu rekrutmen pasukan merah selesai,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perumnas Bambang Triwibowo secara terpisah menanggapi tentang inovasi untuk mewujudkan kualitas hunian vertikal yang lebih baik bagi penghuninya dan meningkatkan kapasitas huniannya.

Menurut Bambang Triwibowo, untuk tahap awal sedikitnya 5 bangunan lama akan diremajakan menjadi 2 bangunan baru dengan total unit sebanyak 1.344. Pada saat proses pembangunan tahap pertama dilakukan, kegiatan relokasi kepada penghuni lama dilakukan paralel dengan memberikan kompensasi hunian peralihan sementara yang tidak jauh dari lokasi ini.

 

Pasar Properti Masih Lemah, Rumah Subsidi Terus Diminati
Perumnas merupakan salah satu peserta pameran Indonesia Property Expo 2017. (Foto: dok.inapex)

 

“Dengan dilakukannya peremajaan terhadap rumah susun ini, maka bangunan akan mampu menampung lebih banyak orang dan tentunya karena disertai dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang baik, kualitas hidup penghuni akan semakin baik,” jelasnya.

Rumah susun Sukaramai ini nantinya akan dilengkapi dengan unit komersial sebanyak 425 unit sekaligus fasilitas sosial dan fasilitas umum, antara lain: ruang serbaguna, parkir, klinik, sarana ibadah, Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Pendidikan Alquran, Taman dan kolam renang.

“Kami sangat mengapresiasi penghuni lama yang kooperatif atas dilakukannya peremajaan ini. Kami berharap proses peremajaan ini dapat segera dilakukan di rumah susun lainnya dan didukung pula oleh para penghuni lama,” jelasnya.

Dalam program Perumnas selanjutnya adalah peremajaan Rusun Kemayoran, Kebon Kacang, Ilir Barat Palembang dan seterusnya. Upaya ini juga dilakukan bekerjasama dengan PT KAI bersemangat sinergi BUMN yang memulai pembangunan Rusun di atas stasiun kereta api yaitu Tanjung Barat, Pondok Cina dan lain-lain sebagai Transit Oriented Development (TOD).

Serta bekerja sama dengan PD Pasar Jaya memulai pembangunan rumah susun diatas pasar diantaranya Pasar Blok G Tanah Abang, Pasar Grogol, Pasar Cempaka Putih.