Jelang Hari Raya Idul Fitri, Atasi Rumah Panas dengan Cara Ini!
Ilustrasi (Foto: trivia)

 

INAPEX.co.id – Siapa yang betah tinggal di rumah dengan kondisi suhu panas? Terlebih sebentar lagi menyambut Hari Raya Idul Fitri, tentu banyak tamu yang akan berkunjung.

Pasalnya memiliki rumah yang panas, pastinya akan merasa gerah, sumpek, ditambah lagi menggangu waktu istirahat Anda.

Ketika cuaca panas datang, solusi terbaik yang bisa dilakukan yaitu mencari ruangan yang lebih dingin serta bisa merasakan suhu rendah dari sebelumnya.

Bahkan solusi lain Anda bisa memasang AC di rumah sekedar untuk menyejukan kondisi suhu yang lebih dingin. Tapi solusi memanfaatkan alat pendingin tersebut merupakan sebuah pemborosan.

Untuk itu, INAPEX.co.id, punya beberapa solusi agar rumah Anda tetap sejuk kendati tanpa menggunakan AC.

  1. Pergunakan Lapisan Dinding dengan Tanaman

Jika Anda menginginkan rumah bebas hawa panas dari teriknya matahari perlu dilakukan yaitu membuat lapisan tembok yang dapat menyerap panas.

Anda bisa melakukan cara dengan menanam tanaman menjalar dengan meletakkannya sebelum masuk ke dalam rumah. Perlu diketahui, harus mampu menyediakan sebuah media sarana merambat agar tanaman dapat menyelimuti tembok.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggantung tanaman dalam pot yang dapat ditaruh disamping rumah dengan posisi menghadap barat dan timur. Upaya melapisi dinding dengan tanaman dan mengantung pot nantinya akan membuat udara dirumah Anda penuh dengan oksigen dan menjadi segar.

  1. Mendesain atap rumah dengan Rumput

Mendesain rumah dengan menggunakan atap rumput di Indonesia memang tidak popular. Namun perlu Anda tahu bahwa menggunakan atap rumah dengan rumput menjadi cara efektip yang bisa menyerap panas dari matahari dibandingkan menggunakan genteng atau beton.

  1. Pergunakan jendela rangkap 2

Memilih model jendela dengan 2 daun yang digunakan pada jaman dahulu seperti menjadi cara alami serta dapat membuat sejuk rumah tanpa bantuan AC. Penggunaan jendela rangkap 2 ini akan mempermudah angin masuk dengan ukuran yang lebih besar.

  1. Menata Posisi Rumah dengan tepat

Menata posisi rumah dengan tepat termasuk solusi yang dapat Anda lakukan agar meminimalisir suhu dirumah.

Misalnya dengan memisahkan ruangan menjadi 2, ruangan pertama digunakan saat sore hari dan malam serta ruangan kedua dipakai pada pagi dan siang hari. Contohnya meletakkkan dapur diposisi sebelah barat.

  1. Membuat penangkap angin

Udara akan sejuk, jika memiliki sirkulasi udara yang baik. Untuk itu desain rumah Anda, dengan memperbanyak sirkulasi udara di setiap ruangan.