Waktu Tepat Untuk Ajukan KPR, Yang Belum Anda Ketahui
Jangan Asal Pilih KPR. (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id –  Jangan asal pilih Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang menawarkan suku bunga murah dan aman. Tak ada salahnya jika mencari terlebih dahulu informasi sebanyak mungkin tentang KPR yang dipilihnya tersebut.

Selain itu, dapat membandingkan sebelumnya soal ragam fasilitas yang ditawarkan di oleh setiap bank. Jangan terlalu cepat dalam mengambil keputusan. Pastikan memperoleh KPR yang memiliki bunga rendah dan menguntungkan. Kemudian, disarankan untuk bisa memilih KPR dari Bank untuk menjadi nasabahnya. Sehingga bisa mempermudah proses pengajuan KPR.

Seperti diketahui, harga tanah dan properti yang semakin meningkat membuat keinginan untuk memiliki rumah idaman menjadi persoalan yang tak mudah.

Kendati demikian, saat ini ada program kredit rumah yang dapat membantu mewujudkan memiliki rumah idaman. Diantaranya seperti KPR merupakan produk yang dikeluarkan oleh pihak Bank atau lembaga keuangan lainnya yang bisa membantu masyarakat untuk membeli rumah dengan cara mencicil.

Prinsip dasar dari KPR yaitu pihak bank akan membayar lunas rumah yang dibeli terlebih dahulu. Kemudian nasabah akan membayar kembali dengan cara mencicil setiap bulannya dan ditambah dengan bunga pinjaman sampai masa tenor selesai.

Biasanya tenor KPR minimal 10 tahun hingga 20 tahun. Setiap nasabah bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Namun akan semakin baik bila masa tenor tidak terlalu lama. Kendati cara ini sangat membantu, tapi bukan berarti asal-asalan dalam memilih KPR. Berikut cara memperhatikan ketika ingin memilih KPR murah dan aman.

 

LEGALITAS PENGEMBANG

Pada saat ingin mengajukan kredit rumah, calon nasabah bisa melalui dua metode ini yaitu melalui pihak bank ataupun lewat pengembang langsung. Bila memilih melalui cara pengembang, pastikan bila pengembang yang dipilih bekerja sama yang valid dengan pihak bank tertentu. Sehingga nantinya bisa terhindar dari risiko penipuan.

Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan kredibilitas dan reputasi dari bank yang dipilih. Rajin-rajinlah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai pihak bank yang dipilih. Perhatikan track record dari bank tersebut, agar proses KPR bisa berjalan nyaman dan aman.

PERHATIKAN SISTEM BUNGA KREDIT

Jangan lupa untuk memperhatikan sistem bunga kredit yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan bunga kredit akan menentukan jumlah cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya. Terdapat dua jenis sistem bunga yang biasanya ditawarkan pihak bank untuk kredit rumah, yaitu floating rate dan fixed rate. Terdapat beberapa bank yang terkadang menggabungkan kedua sistem bunga kredit tersebut.

Pilihlah suku bunga yang sesuai dengan kondisi keuangan dan tidak akan memberatkan kedepannya. Jangan lupa untuk menanyakan tentang besaran bunga yang dibebankan pada nasabah lama. Selisih bunga antara nasabah lama dan nasabah baru dapat dijadikan sebagai patokan apakah bank itu menggunakan tren kenaikan suku bunga kredit.

JANGKA WAKTU KREDIT

Bila menginginkan kredit rumah yang murah dan menguntungkan, tentunya harus memilih KPR dengan jangka waktu tenor yang tepat. Untuk menentukan jangka waktu tenor yang tepat dan sesuai dengan keuangan, jadikan pemasukan bulanan sebagai acuan. Bila merasa pemasukan tidak mampu membayar cicilan KPR jangka pendek, pilihlah kredit dengan jangka yang agak panjang.

PILIH RUMAH SIAP HUNI

Untuk menghindari terjadinya risiko buruk kedepannya, akan lebih baik jika memilih KPR rumah yang sudah siap huni (sudah jadi). Hal ini karena melakukan KPR pada rumah yang belum jadi dapat membuat nasabah rugi, karena dana KPR sudah cair namun rumah yang diinginkan belum jadi.

PERHATIKAN SYARAT & KETENTUAN KPR

Persoalan lain yang perlu diperhatikan yaitu mengenai syarat dan ketentuan yang ditetapkan pada saat mengajukan KPR. Persyaratan-persyaratan yang diajukan ini bukanlah untuk mempersulit calon nasabah. Tetapi untuk memperjelas antara pihak bank dengan calon nasabah agar tidak terjadi masalah di kedepannya. Pastikan bila nasabah memahami dengan jelas segala persyaratan yang harus dipenuhi sehingga proses dapat berjalan dengan mudah dan cepat.