Jangan Asal Jual, Ketahui 7 Kesalahan Saat Menjual Rumah!
Ilustrasi (Foto: lucnarproperties)

 

INAPEX.co.id – Anda berencana menjual rumah? Jangan asal jual, ketahui 7 kesalahannya. Pasalnya, beberapa agen properti tahu, mana rumah cepat laku dan mana yang tidak. Ada sejumlah hal yang jadi faktor cepat terjualnya sebuah rumah. Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum menjual rumah.

Kolam renang

Mempunyai kolam renang di halaman belakang rumah, memang disukai banyak orang. Kita bisa membayangkan betapa nikmatnya berjemur pada panasnya sinar matahari di tepi kolam renang.

Akan tetapi, yang harus diingat dari sebuah kolam renang ialah biaya yang mahal dalam hal perawatannya. Tidak hanya itu, perawatan kolam renang memerlukan waktu yang cukup lama.

Jangan terlalu berlebihan dalam desain

Ini memang bukan nasehat baru, namun harus diingat kembali. Bersikaplah netral dalam mendesain atau mengecat rumah. Sebab, tak sedikit calon pembeli yang peduli dengan warna kesukaan Anda.

Panel surya

Di satu sisi, pemasangan panel surya di rumah memang menyuguhkan nilai positif untuk rumah Anda. Pasalnya, tidak hanya menjadi sumber energi terbarukan pengganti energi fosil, panel surya juga bisa meminimalisir polusi dan tagihan energi.

Akan tetapi perlu diketahui, biaya pemasangan dan panel surya cukup mahal. Oleh sebab itu, sebelum menjual rumah, pastikan apakah usia panel surya masih tahan lama atau tidak.

Teknologi terintegrasi

Serupa dengan panel surya, beberapa teknologi mewah pada rumah Anda, umumnya mempunyai batas usia yang cepat, misalnya mesin kopi. Biasanya, harus biaya yang besar untuk meningkatkan versinya, jika mesin rusak.

Gulma

Jika Anda membiarkan tanaman ini hingga tumbuh liar di rumah, tentu hal itu akan memengaruhi performa pondasi rumah Anda. Harus seorang pakar untuk mengatasi masalah gulma tersebut.

Kamar yang gelap

Umumnya, setiap pembeli rumah hendak mempunyai kamar yang terang dan lapang. Oleh sebab itu, hindari mempunyai kamar yang gelap, jika Anda ingin rumah terjual dengan cepat.

Dokumen perencanaan

Jika Anda berencana menambah bagian rumah Anda di luar dokumen perencanaan yang ada kala itu, pastikan izin perencanaan terbaru telah dikantongi.

Buktikan dengan dokumen terbaru. Bila tak bisa dibuktikan, Anda akan membutuhkan usaha ekstra untuk dapat menjual rumah tersebut.