Jaman Sekarang, Anak Muda Sudah Mampu Berinvestasi Properti
Ilustrasi (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Orang-orang yang telah bekerja dan berpenghasilan, orang tua maupun anak muda, tidak hanya menggunakan uangnya untuk kebutuhan hidup sehari-hari, namun sudah mampu berinvestasi properti.

Pasalnya, tak jarang anak muda sekarang telah mempunyai penghasilan besar bila dihitung dari pendapatan per kapita. Lalu dikalokasikan kemana uangnya? Sebagian dari penghasilannya mereka mengalihkan untuk berinvestasi. Properti merupakan salah satu pilihan investasi terbaik.

Hunian vertikal dan rumah tapak menjadi pilihan investasi properti yang banyak diincar, termasuk oleh anak muda.

Ada berbagai pertimbangan untuk memilih jenis hunian yang hendak dibeli, misalnya lokasi, biaya, dan kapasitas hunian, sebab itu akan ditempati selama bertahun-tahun ke depan. Tidak hanya itu, tiga point dibawah ini juga harus dipertimbangkan sebelum membeli hunian:

  1. Hak milik

Jika Anda membeli rumah tradisional, otomatis rumah tersebut akan jadi milik Anda sendiri. Tanah tempat rumah tersebut juga umumnya akan jadi milik sendiri, tergantung surat kepemilikan. Tetapi, jika membeli apartemen, Anda hanya mempunyai unit apartemen, tak termasuk tanah yang menjadi dasar bangunan tersebut.

Untungnya, Anda masih dapat menikmati fasilitas bersama yang disediakan pengelola kepada para penghuni apartemen, diantaranya lapangan olahraga, kolam renang, dan tempat bermain anak.

  1. Pemeliharaan

Hal lain yang harus dipikirkan ialah pemeliharaan bangunan. Jika di rumah tapak, segala bentuk pekerjaan, baik perawatan maupun perbaikan, menjadi tanggung jawab kita sendiri.

Jadi bila ada bagian yang rusak, penghuni harus membeli dan mengganti perlengkapannya sendiri atau menyewa jasa ahli orang lain untuk memperbaiki.

Lain halnya dengan apartemen, masalah pemeliharaan merupakan tanggung jawab pengembang atau pengelola. Mereka akan memungut biaya dari penghuni sebagai ongkos perawatan, jumlahnya bervariasi tergantung kebijakan pengelola. Jadi bila ada kerusakan, penghuni cukup melaporkan saja kepada pengelola untuk melakukan perbaikan.

  1. Fitur komunitas

Kelebihan lainnya jika Anda tinggal di apartemen. Biasanya ada fitur komunitas, atau sering disebut fasilitas, yang disediakan secara gratis kepada penghuni.

Katakan saja kolam renang, sarana olahraga, dan wahana bermain anak-anak. Fasilitas tersebut dapat digunakan bersama para penghuni apartemen. Lain halnya jika tinggal di rumah tradisional, fasilitas tersebut umumnya disewakan dengan biaya tertentu.

Jadi, setelah memikirkan ketiga hal di atas, Anda bisa segera menentukan membeli hunian vertikal atau rumah tapak. Pilihan tergantung Anda sendiri.