Apartemen Skandinavia.

JAKARTA, INAPEX.co.id – Investasi dengan keuntungan yang sangat menggiurkan ditawarkan oleh pengembang proyek Apartemen Skandinavia.

Pengembang tersebut yaitu PT Pancakarya Griyatama yang pandai membidik propek dikawasan terpadu di Tangerang City (TangCity/10,9 ha) di Jalan Jenderal Sudirman, Cikokol, Kota Tangerang, Banten.

Kemudian, investasi yang ditawarkan adalah tower apartemen Skandinavia (1,8 ha/1 tower/1.065 unit). Apartemen yang akan diserahterimakan pada Desember 2018 tersebut menawarkan unit Alter Ego untuk disewakan yang akan dikelola oleh Fika Room.

Tahap pertama diserah-terimakan 100 unit. Selanjutnya berturut-turut 200 unit per bulan hingga selesai seluruhnya pertengahan tahun 2019.

Sebelumnya di TangCity sudah beroperasi hotel Novotel untuk menginap. Direktur PT Pancakarya Griyatama Sugiyanto Lie, menjelaskan, Fika Room dihadirkan sebagai substitusi hotel Novotel yang okupansinya selalu penuh.

“Novotel TangCity ada 266 kamar. Sebanyak 150-an kamar sudah disewa jangka panjang oleh tiga perusahaan airline. Sebanyak 60 kamar disewa bos-bos perusahaan di sekitar kawasan. Jadi, kita sediakan 400 unit Alter Ego di apartemen Skandinavia karena potensi sewanya besar,” katanya Sugiyanto, di TangCity akhir pekan lalu.

Kemudian, untuk konsumen yang tertarik berinvestasi, setelah membeli unit Alter Ego, tinggal menyetor deposit Rp50 juta untuk kontrak investasi selama lima tahun.

Persiapan unit kamarnya atau furnishing oleh Fika Room akan selesai Juni 2019 dan awal 2020 unit mulai dioperasikan sebagai penginapan. Investor akan menerima pengembalian investasi (return) 6 persen dari harga unit pada tahun 2020.

Sedangkan pada tahun kedua dan seterusnya, return disesuaikan dengan tingkat keterhunian (okupansi) dan pendapatan unit apartemen yang disewakan.

Sugiyanto menjamin okupansinya akan sangat bagus, berkaca pada okupansi hotel Novotel. Tarif kamar di Novotel mencapai Rp1 juta/malam, sementara Fika Room menyasar segmen yang lebih rendah dengan tarif sekitarRp700 ribu/malam.

Selain bagi hasil dari pendapatan sewa, pemilik unit juga mendapat hak menginap selama 12 hari dalam setahun.

Setelah lima tahun, mereka bisa memperpanjang kontrak investasi atau mengakhirinya. Bila mengakhiri, uang deposit Rp50 juta akan dikembalikan kepada investor.

Beberapa kalangan yang kerap berinvestasi pada unit apartemen untuk disewakan seperti itu, masih dikatakan Sugiyanto, sangat tertarik.

Kalau berinvestasi sendiri, biasanya butuh Rp100 juta untuk melengkapi furnitur dan kelengkapan lain di unitnya.

Selain itu, unitnya tersewa selama satu tahun, itu baru cukup untuk mengembalikan investasi furnishing unit tersebut.

“Dengan dikelola (operator seperti) Fika Room, kita tidak dipusingkan lagi dengan furnishing itu. Makanya investor lebih senang,” ujarnya.

Tahun depan ia menyebutkan, sudah ada tiga perusahaan airline lagi yang akan masuk ke Novotel. Karena itu developer TangCity makin confident dengan prospek penyewaan unit Alter Ego yang akan dikelola Fika Room itu.

“Silahkan diriset, wilayah TangCity ini sudah jadi ikon Tangerang karena aktivitas bisnisnya sudah establish. Bahkan, Walikota Tangerang kalau ke mana-mana selalu sebut-sebut TangCity sebagai proyek yang di-maintenance dengan baik dan kawasan business center yang ramai,” kata Sugiyanto.

Skandinavia menawarkan unit 1-3 kamar tidur berukuran 44-110 m2 seharga mulai dari Rp800 jutaan/unit.