Inilah Penampakan Rumah Rp.800 Ribuan yang diresmikan Jokowi
Jokowi resmikan rumah murah lagi (Foto: suara)

 

BEKASI, INAPEX.co.id, – Rumah murah diresmikan lagi oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hanya berjarak 7 hari, pemerintah meresmikan dua proyek perumahan yang diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sebelumnya, Jokowi meresmikan pembangunan rumah susun milik (rusunami), di Sarua, Tangerang Selatan, Kamis, (27/4).

Kemarin, Kamis (4/5), Jokowi sudah meresmikan lagi rumah untuk MBR di Sukatani, Cikarang, Bekasi. “Kemarin di Tangerang itu cicilannya Rp.1,2 juta, tapi itu rusunami. Ini kan rumah tapak. Saya sih milih rumah tapak,” ungkap Jokowi dalam sambutannya.

Perumahan tapak bernama Villa Kencana Cikarang ini dikembangkan PT Arrayan Bekasi Development (SPS Group).

Menempati lahan seluas 105 hektar, 8.749 unit rumah yang dibangun memiliki tipe 25/60.

“Rumah ini kan ada 2 kamar dan 1 kamar mandi. Lebih dari cukup (layak) menurut saya,” tutur Jokowi.

Kini, ada 4.734 unit yang telah dibangun, dengan 3.612 di antaranya telah akad Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi Bank BTN. Sedangkan 1.200 unit lainnya tengah dalam proses KPR.

Pembangunan Villa Kencana Cikarang sudah dimulai sejak 2016. Untuk sistem KPR subsidi atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), masyarakat memperoleh bunga acuan 5 persen (tenor 20 tahun).

Melalui FLPP, masyarakat hanya membayar uang muka atau down payment (DP) 1 persen, yaitu Rp.1,41 juta dan cicilan hanya Rp.800 ribu per bulan.

Direktur Utama BTN Maryono menuturkan sebagai integrator Program Sejuta Rumah, pihaknya akan terus mendorong pemenuhan kebutuhan akan perumahan di Indonesia.

Dalam proyek perumahan ini, Bank BTN tidak hanya berperan sebagai pemberi kredit pemilikan rumah (KPR), namun juga menyalurkan kredit konstruksi bagi pengembang.

“Kami terus berupaya memberikan fasilitas kredit tidak hanya bagi nasabah perorangan tapi juga bagi para pengembang untuk dapat memenuhi kebutuhan rumah masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat kelas menengah ke bawah,” imbuh Maryono.

Dalam peresmian ini juga dilakukan akad KPR untuk 1.200 unit rumah. Hingga Maret 2017, Arrayan telah tercatat sudah merealisasikan pembangunan 4.734 unit rumah di proyek perumahan Villa Kencana Cikarang.

Kemudian, Bank BTN juga sudah menyalurkan kredit kurang lebih sebanyak Rp.500 miliar untuk proyek ini.

Fasilitas pinjaman itu diberikan baik untuk KPR subsidi bagi 3.612 rumah di perumahan Villa Kencana Cikarang, maupun untuk kredit konstruksi bagi Arrayan.