Illustrasi Sofa (Sumber : Pexel)
Illustrasi Sofa (Sumber : Pexel)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id –  Selain diakibatkan oleh debu dan kotoran, kursi sofa juga bisa menjadi kotor karena noda lama yang telah meresap ke dalam serat bahan sofa. Untuk menjaga kebersihan rumah, maka membersihkan sofa dan kursi secara teratur perlu mendapatkan perhatian Anda.

Memang tidak ada metode khusus tentang bagaimana cara yang pasti untuk membersihkan sofa. Hanya saja bagi Anda yang merasa bingung tentang cara membersihkan sofa, alangkah baiknya mencoba beberapa teknik berikut ini sebelum menemukan yang paling tepat untuk furnitur berlapis kain kesayangan Anda.

Perlengkapan pembersih kain sofa siap pakai memang tersedia di toko-toko perlengkapan rumah tangga dan pasar swalayan. Namun Anda bisa sedikit berhemat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ternyata sudah tersedia di rumah anda. Dan hasilnya pun tidak kalah bersih dengan produk pembersih siap pakai tersebut.

CAIRAN PEMBERSIH

Coba Anda manfaatkan Deterjen cair dan lembut dengan di campur sedikit air hangat. Aduk merata untuk menghasilkan busa melimpah. Kemudian gosokkan

Selain itu, manfaatkan Cuka. Salah satu bumbu pelengkap di dapur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih noda membandel pada kain sofa. Setelah noda di bersihkan dengan Cuka maka bilaslah permukaan sofa secara intensif dengan air sabun. Jika bau menyengat dari Cuka tidak anda sukai, maka bukalah jendela dan nyalakan kipas angina yang diarahkan ke sofa agar bau cuka segera berlalu.

PERAWATAN

Membersihkan sofa secara rutin, tentunya akan sedikit mengurangi beban tugas Anda dalam merawat sofa agar tampak selalu bersih dan lebih tahan lama.

Berikut ini tips mencegah debu dan kotoran menumpuk di sofa Anda:

  • Bersihkan noda apa pun yang menempel pada permukaan kain sofa secepat mungkin. Hal ini akan memudahkan menghilangnya noda kotoran, bila dibandingkan dengan menundanya hingga noda mongering dan meresap kedalam kain sofa.
  • Lakukan penyedotan debu pada kain sofa sedikitnya satu minggu sekali. Hal ini bertujuan agar debu tidak berlama-lama menumpuk di kain sofa. Karena jika debu terlalu lama hinggap pada kain sofa maka akan menjadi tanah setelah bercampur dengan kelembabab udara. Selain itu, akan merubah warna sofa menjadi kusam.

Perlu di ingat, produk apapun yang anda pilih untuk membersihkan kain sofa, sebaiknya lakukan test terlebih dulu di bagian kecil sudut kain sofa yang tersembunyi. Dan ikuti metode pemakaian produk tersebut secara benar.