Beli Rumah Tanpa DP dan Berhadiah Mobil, Ini Pilihannya!
Ilustrasi (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Sobat properti, terkadang sering bingung dengan masa kadaluarsa saat pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebagai solusi cara pembayaran  yang menjadi favoritmu.

Diantaranya, mulai dari pemberian pembayaran booking fee sampai pengajuan berkas-berkas ke pihak bank melalui developer penyedia hunian.

Agar disetujui pihak bank, ternyata hanya membutuhkan waktu antara satu hingga dua pekan saat pengajuan KPR. Apalagi, didukung dengan persiapkan dana dan kelengkapan lainnya supaya proses KPR bisa berlangsung cepat dan tidak sampai terjadi kadaluarsa.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan sejumlah berkas yang harus dipersiapkan secara matang agar pengajuan KPR bisa disetujui oleh Bank sebagai berikut:

SURAT LENGKAP

Ada banyak sekali kelengkapan administrasi yang harus disertakan saat akan melakukan pengajuan KPR. Kelengkapan tersebut berupa surat-surat identitas seperti KTP, kartu keluarga, dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Selain itu, kelengkapan lainnya seperti slip gaji terakhir serta bukti rekening koran juga harus dilampirkan dalam permohonan pengajuan KPR. Bila seluruh syarat-syarat tersebut bisa Anda lengkapi dengan baik, maka kemungkinan besar pengajuan KPR Anda bisa diproses dengan cepat.

KEJELASAN STATUS

Rumah yang akan diajukan pada program KPR harus memiliki status yang bersih dan jelas. Yang dimaksud dengan status rumah yaitu rumah tersebut tidak memiliki sertifikat palsu, tidak sedang dalam sengketa, dan tidak sedang dalam kondisi digadaikan untuk melunasi kewajiban utang.

Untuk mengusut riwayat dari rumah yang akan dijadikan obyek KPR, maka biasanya pihak bank juga meminta nasabah untuk melengkapi berbagai informasi seputar rumah mulai dari IMB (Izin Mendirikan Bangunan), denah rumah, surat bukti pembayaran PBB, serta sejumlah kelengkapan lainnya.

REPUTASI KEUANGAN

Anda kemungkinan juga akan mendapatkan penolakan KPR jika ternyata Anda memiliki reputasi keuangan yang buruk di mata perbankan.

Jumlah saldo tabungan yang tidak banyak serta jejak penggunaan kartu kredit yang sering bermasalah akan membuat Anda jadi kesulitan saat akan mengajukan program KPR.

Sebaliknya, nasabah bank yang tidak pernah melakukan penunggakan pembayaran dan rajin menabung akan mendapatkan kemudahan dalam persetujuan program KPR.