Pertimbangan Investor, Tanamkan Modal Disektor Properti. (Foto: ditjenPUPR)
Pertimbangan Investor, Tanamkan Modal Disektor Properti. (Foto: ditjenPUPR)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Berangkat dari pertumbuhan ekonomi serta potensi sumber daya manusia (SDM) yang terus meningkat, setidaknya mampu meningkatkan gairah investor lokal maupun investor asing.

Para investor tersebut lebih memilih menanamkan modalnya disektor properti yang dinilai cukup strategis, karena memiliki mitos berinvestasi dibidang ini tidak akan pernah merugi.

Tak hanya itu, bahkan sering dijadikan acuan sebagai pemain lokal, baik dikalangan developer, agent sampai individual sebagai property ‘surga’ untuk melipatgandakan keuntungan.

Kendati demikian, butuh perhatian serius bagi individual yang ingin berinvestasi dibidang property karena tidak semua daerah mampu menjanjikan keuntungan property yang cepat. Bahkan tak jarang yang merugi akibat tidak ada calon pembeli maupun penyewa property.

Ada hal-hal yang perlu dipertimbangan ketika ingin berinvestasi di bidang property baik tanah, rumah, bahkan apartemen sekalipun. Menurut Aini Sudiastuti seorang konsultan dari pengembang PT. Star Nusa Prima, saat dihubungi INAPEX.co.id, menjelaskan mengenai keberadaan fasilitas-fasilitas tertentu yang dinilai bisa meningkatkan harga properti yang berada di sekitarnya.

LOKASI

Keberadaan jalan tol, akses kendaraan umum 24 jam, bahkan dekat dengan stasiun kereta api adalah hal utama yang menjadi acuan bahwa peoperti kita mengalami kenaikan nilai di masa mendatang.

Hal ini memang menjadi indikator bahwa sebuah daerah bisa dikatakan layak untuk didirikan berbagai jenih hunian dari rumah tunggal,perumahan hingga hunian cluster.

PUSAT BELANJA

Dari pasar tradisional, mini market, hingga pasar swalayan besar menjadi hal kedua yang ditanyakan mengenai keberadaan properti. Tentu hal ini menjadi keuntungan tersendiri jika properti Anda berada di dekatnya. Hal ini mempermudah untuk mendapatkan kebutuhan pokok seperti bahan-bahan makanan dan pakaian.

SARANA PENDIDIKAN

Dari formal maupun informal, pusat pendidikan merupakan bagian ketiga yang kerap dicari orang disekitar properti mereka. Tentu kebutuhan ini semakin relevan jika berbicara mengenai keluarga. Tidak heran bila beberapa pengembang besar bahkan menjalin kerjasama ke beberapa nama instansi pendidikan ternama untuk bergabung dalam sebuah kawasan perumahan yang hendak dibangun.

KESEHATAN

Dari mulai sarana olahraga hingga rumah sakit, menjadi hal keempat yang kerap ditanyakan. Anda pasti tahu bahwa hal ini erat kaitannya dengan kebutuhan manusia akan vitalitas yang mempengaruhi performa dalam beraktivitas.

Setelah itu akan membahas mengenai daerah-daerah mana saja yang kerap ditanyakan orang melalui sosial media mengenai hunian yang dinilai menjadi daerah potensial untuk berinvestasi di properti.

BODETABEK (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)

Keempat kota penyangga Jakarta ini menjadi primadona untuk investasi properti. Bogor misalnya, dengan udara yang sejuk dan pembangunan infrastruktur cukup pesat seperti di daerah Sentul, dinilai menjadi lahan investasi yang bagus.

Atau perbatasan Bogor dan Depok yang memiliki stasiun pemberhentian kereta dinilai menjadi daerah yang baik untuk berinvestasi. Untuk Depok dan Tangerang, dua daerah yang sama-sama dekat dengan Jakarta Selatan. Depok dikenal memiliki beberapa pusat pendidikan ternama,dari Universitas Gunadarma hingga Universitas Indonesia. Potensi properti disini dinilai makmur sejalan dengan keberadaan dua pusat pendidikan ini.

Kemudian, Tangerang dengan pembangunan infrastruktur seperti jalanan tol hingga keberadaan sarana transportasi yang banyak menghubungkannya dengan titik-titik prioritas di Jakarta, membuat daerah ini, sebut saja Bintaro dan Serpong masih masuk dalam primadona untuk berinvestasi.

Sedangkan untuk Bekasi, keberadaan daerah industri hingga pembangunan beberapa pusat perbelanjaan besar menjadi pemicu naiknya harga properti di kota ini.