Grand Cipendawa di Bekasi.

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Ini merupakan cara cerdas manfaatkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk bayar Down Payment (DP) rumah. Seperti diketahui, kebutuhan primer manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Jadi, memiliki rumah tinggal seharusnya menjadi indikator apakah keuangan Anda sehat atau tidak.

Tunjangan Hari Raya (THR) salah satu sumber pendapatan yang bisa dimanfaatkan untuk memulai mencicil rumah, tapi faktanya justru banyak menggunakannya untuk membeli gadget baru atau kendaraan bermotor.

Tahukah Anda, saat Ramadhan dan jelang lebaran sejumlah hunian juga memberikan promo menggiurkan dalam rangka jelang lebaran.

Ditambah lagi, Bank Indonesia sudah menurunkan pembayaran down payment (DP) yang semula sebesar 20%, kini turun menjadi 15%. Meskipun sebelum Bank Indonesia menurunkan ketentuan DP, beberapa perumahan ada sudah memberikan gimmick DP 0%.

Yunan Komisaris Pengembang Kreasi Group mengatakan, bahwa gimmick tersebut sebenarnya dipertimbangkan dari penghasilan perbulan pemohon KPR.

“Nanti, pihak bank akan menilai penghasilan pemohon KPR aman atau tidak untuk bisa konsisten mencicil KPR setiap bulan,” jelas Yunan saat dihubungi INAPEX.co.id, Selasa (6/6).

Terlepas dari gimmick DP 0% tadi, persoalan yang harus diingat adalah ini kesempatan yang tepat jika Anda hendak membeli rumah baru.

CARANYA ?

Devi Indiani, perencana keuangan menuturkan, THR ternyata dapat menambah pundi-pundi tabungan untuk membayar DP rumah. Kendati, besar kecilnya THR memang sangat relatif. Namun, sejatinya THR juga disesuaikan dengan jabatan, lama waktu bekerja, dan kebijakan instansi atau perusahaan itu sendiri.

“Pada saat hendak menyisikan THR untuk menambah DP rumah, sebaiknya harus mengetahui pengeluaran riil tahunan dahulu. Karena sesungguhnya, THR adalah pemasukan tahunan, sehingga sistem pengelolaannya pun harus tahunan,” jelas Devi.

Devi mencontohkan, pengeluaran riil tahunan adalah pengeluaran yang tidak bersifat konsumtif bulanan. Misalnya, persiapan lebaran, mudik libur tahunan, pembayaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bila sedang mencicil rumah sebelumnya.

“Nah, apabila Anda bertanya, apakah THR bisa membantu membayar DP rumah, jawabannya bisa! Asalkan sudah dikurangi dari kebutuhan pengeluaran tahunan tadi,” katanya.

Tapi, apabila tetap memaksakan diri untuk mealokasikan seluruh THR untuk membayar DP rumah, masih tetap sah-sah saja. Dengan begitu, artinya Anda bersedia untuk membayar anggaran tahunan tadi, dari uang bulanan Anda.

Memutuskan untuk menyisikan THR untuk keperluan DP rumah adalah pilihan yang tepat. Sebab, harga rumah secara umum selalu bertambah setiap tahunnya.

“Harga rumah akan terus meninggi seiringnya waktu, dibandingkan dengan barang-barang investasi lainnya. Jadi jika tidak saat ini dipersiapkan, kesempatan Anda memiliki rumah akan menjadi mimpi yang tak kunjung terwujud,” tutur Devi.

Salah satu hunian yang memberikan promo menggiurkan jelang lebaran adalah Grand Cipendawa di Bekasi. Hunian ini sedang memberikan DP ringan dengan asumsi cicilan hanya Rp.3 jutaan. Harga jual untuk unitnya dibanderol sebesar Rp299 juta.

Hunian kedua yang memberikan promo adalah perumahan Mangun Jaya Town House. Perumahan ini memberikan kesempatan DP 0% – 20%.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa mendapatkan DP 0% sesuai ketetapan bank terhadap kemampuan penghasilan bulanan Anda.

Promo lain yang diberikan oleh pengembang Kreasi Group dapat menghubungi langsung ke 0852 – 136-88885 atau 0819 – 3280-8243 untuk mendapatkan diskon lain, apabila Anda dapat menyelesaikan akad pembelian hingga akhir Ramadhan.

 

(adv)