5 Cara Menghilangkan Lelah dan Stres Paling Ampuh di Rumah!
Ilustrasi (Foto: keywordssuggest)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Indonesia yang termasuk sebagai negara  tropis, tentunya selain udara yang cukup panas, juga banyak nyamuk bila malam hari tiba. Bagaimana membuat rumah bebas dari nyamuk? Karena nyamuk masih menjadi sumber epidemi seperti demam berdarah dan malaria yang banyak memakan korban jiwa terutama anak-anak. Lebih-lebih setelah munculnya wabah virus Zika di negara-negara Amerika Latin yang penyebarannya juga terjadi lewat nyamuk Aedes Aegypti.

Diterangkan dokter Erni Juwita Nelwan yang juga peneliti di Divisi Tropik dan Penyakit Infeksi FKUIRSCM, Jakarta, banyak cara untuk mencegah nyamuk berkembang biak di sekitar rumah kita. Diantaranya, dengan membuat rumah selalu bersih, menghindari tumpukan pakaian atau menggantungnya, mengganti air di bak mandi, akuarium, dan lain-lain secara berkala, dam menimbun barang-barang bekas yang bisa menampung air seperti kaleng dan botol.

“Nyamuk itu beragam jenisnya. Ada nyamuk yang hidup di air bersih, di luar dan di dalam rumah. Namun ada pula yang mengigit pada malam hari, dan ada yang pagi atau siang hari. Berbagai cara itu bisa menepis keberadaannya,” kata dokter Erni Juwita Nelwan, belum lama ini.

Lanjut Erni Juwita, untuk pencegahannya bisa di lakukan dari design  rumah anda. Seperti misal, dengan cara membuat banyak bukaan ke luar ruang sehingga semua ruang di rumah selalu terang dengan cahaya alami dan tidak lembab. Kemudian melengkapi rumah dengan lubang-lubang ventilasi yang cukup agar sirkulasi udara di rumah selalu lancar, dan melapisi dinding rumah dengan warna-warna terang.

Sementara itu, seorang arsitek dari Atelier Riri (Jakarta), Riri Novriansyah, menerangkan bagi ruangan yang gelap seperti area di bawah tangga atau gudang, maka anda harus memastikan sering disinggahi dan dibersihkan.

Selain itu upayakan membuat ventilasi di ruangan gudang dan tempat bawah tangga. Penghuni sebaiknya juga tidak banyak menumpuk barang di rumah, seperlunya saja, agar makin sedikit tempat bagi nyamuk hinggap. Peletakan tanaman dengan aroma yang tidak disukai nyamuk seperti bunga lavender di beberapa sudut ruang bisa juga ditambahkan.

“Nyamuk tidak betah tinggal di rumah yang bersih, terang, dan bagus sirkulasi udaranya. Terakhir, tidak ada salahnya mencoba melapisi dinding rumah dengan cat anti nyamuk. Ada beberapa produsen cat yang menawarkan produk semacam ini,” kata Riri Novriansyah.