Ilustrasi. (Foto: inapex)
Ilustrasi. (Foto: inapex)

SERANG, INAPEX.co.id, – Tak hanya menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor, namun industri properti di Provinsi Banten diprediksikan bakal booming ditahun 2017 mendatang.

Apalagi tercapainya target investasi 2016, akan semakin menambah optimis pemerintah provinsi disektor ini.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Banten juga membenarkan, disektor properti saat ini sudah cukup merata diseluruh wilayah.

“Kelihatannya di 2017 itu industri properti yang akan booming. Terutama sektor ini sudah cukup merata di seluruh wilayah, kecuali mungkin di daerah perkotaan karena sudah padat. Tapi, di Kota Cilegon sepertinya masih ada space untuk pengembangan industri properti juga,” kata Babar Suharsodi di Serang, baru-baru ini.

Kendati demikian, masih dikatakanBabar, masih berpotensi untuk pengembangan industri properti di Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak. “Wilayah itu masih bagus prospeksnya dan juga sangat diminati. Terlebih di Kabupaten Lebak akan ada pembangunan Kota Baru Maja. Nah kalau kawasan industri perusahaan, dominannya tetap di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kabupaten Serang,” katanya.

Hingga saat ini, nilai investasi yang masuk ke Provinsi Banten sepanjang tahun 2016 mencapai Rp 42,5 triliun, atau melebihi target yang ditetapkan senilai Rp 37,5 triliun.

Ia menjelaskan sesuai data publikasi triwulan III, nilai investasti tersebut telah melebihi target yang sebelumnya ditetapkan Pemprov Banten yaitu sebesar Rp 37,5 trilun. Sejumlah sektor yang memberikan sumbangan besar di antaranya industri kimia, logam, makanan dan industri properti.

“Target investasi kita tidak muluk-muluk cuma Rp 37,5 triliun. Tapi dari data publikasi per September 2016, angkanya sudah melebihi target sebesar Rp 42,5 triliun,” ujar Babar.

Namun Babar menjelaskan pemerintah pusat telah menargetkan investasi di Banten bisa mencapai Rp 56 triliun. Ia meyakini jika target tersebut akan terkejar pada akhir tahun 2016 nanti. “Dari jumlah investasi yang sudah tercatat, sisanya tinggal Rp 7,5 triliun lagi. Mudah-mudahan bisa terlampaui,” ujarnya.
TIPS SUKSES INVESTASI PROPERTI

Tak sedikit orang yang bermimpi bisa mendapatkan banyak uang jika berinvestasi properti, padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar, jika salah melangkah maka bisa mengalami kerugian.

Oleh karena itu, banyak hal yang harus dipahami agar sukses saat berinvestasi properti. Berikut tips yang perlu diketahui ketika ingin berinvestasi di properti:

1. Siap dengan waktu

Untuk berinvestasi di properti, hal utama pastinya Anda butuh modal, namun selain modal, yang dibutuhkan juga adalah waktu Anda. Mempunyai properti sama sekali berbeda dengan memiliki rumah yang dihuni secara pribadi.

Oleh karena itu, Anda harus siap berurusan dengan pengelolaan properti, apalagi jika properti yang Anda miliki disewa dan digunakan oleh sebuah perusahaan, Anda harus mempersiapkan segalanya jika sewaktu-waktu ada masalah penting yang timbul dengan perusahaan. Jika Anda komit dengan waktu yang dimiliki maka hal itu tidak akan jadi masalah bagi Anda.

2. Perlu bimbingan dan dukungan

Jangan merasa harus melakukan semuanya sendirian, Anda harus mempelajari bagaimana cara berinvestasi properti dengan benar. Ada banyak cara tersedia untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Ikutilah lokakarya, seminar atau website online yang menyediakan banyak info tentang investasi properti. Dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak saran dan pengetahuan guna mempersiapkan diri untuk serius di dunia investasi properti.