Indonesia Posisi ke 4 di Dunia, Miliki 5 Pencakar Gedung Tertinggi
Gama Tower, Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia (Foto: arikundo)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Indonesia berada di posisi keempat dunia terkait kemampuan menyelesaikan pembangunan pencakar langit sepanjang 2016 lalu.

Dalam rilis Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), terdapat lima gedung yang terbangun dengan total setinggi 1.149 meter.

Pertama, Gama Tower dengan ketinggian 285,5 meter. Gedung yang dimiliki dua bersaudara, Ganda dan Martua Sitorus, ini merupakan pencakar langit tertinggi di Indonesia.

Gama Tower menjungkalkan rekor Wisma 46 setinggi 261,9 meter milik Lyman Group. Gedung tersebut menawarkan fungsi perkantoran dan hotel bernama The Westin Jakarta.

Kedua adalah BTPN Office Tower setinggi 233 meter. Gedung perkantoran tersebut meliputi 48 lantai.

Gedung ketiga ialah, Capital Place Office Tower setinggi 215,1 meter. Gedung yang dikembangkan Rajawali Corporation ini mencakup 47 lantai.

Keempat dan kelima adalah gedung International Finance Center Tower 2 dan The Tower yang masing-masing memiliki ketinggian 213,2 meter dan 211,8 meter. Dibangun oleh raksasa properti Singapura, Keppel Land, dan PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI).

Posisi Indonesia ini mengungguli Filipina, Qatar, Australia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Uni Emirat Arab.

Filipina dapat menyelesaikan empat gedung dengan total ketinggian 918 meter, sedangkan Qatar membangun empat gedung dengan total ketinggian mencapai 855 meter.

Adapun lima negara lainnya hanya dapat membangun masing-masing dua gedung dengan total ketinggian bervariasi, mulai dari 440 meter, 445 meter, 497 meter, 556 meter, dan 467 meter.

Secara umum, CTBUH mencatat, China mengungguli dengan penyelesaian 84 gedung dengan total tinggi 20.081 meter atau sebanyak 67% dari total pembangunan di seluruh dunia. Angka tersebut naik 24% dari rekor tahun sebelumnya sebanyak 68 gedung.

Menyusul Amerika Serikat dengan tujuh pencakar langit dan total ketinggian 1.648 meter dan Korea Selatan memiliki enam gedung dengan total ketinggian 1.345 meter.

Selain itu, bagi Anda yang mencari hunian terjangkau dalam satu hari dengan mengunjungi pameran akbar Indonesia Properti Expo (IPEX) segera hadir di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pameran yang diprakarsai PT. Bank Tabungan Negara (BTN Persero) Tbk bekerjasama dengan PT. Ad-house Indonesia Cipta tersebut akan menyuguhkan ratusan ragam proyek properti dengan harga terjangkau mulai rumah subsidi hingga apartemen mewah untuk lokasi diseluruh Indonesia.

Penawaran suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) sangat menarik, hingga fixed 5% ini akan ditawarkan bagi setiap pengunjung yang ingin memiliki rumah sendiri hingga berinvestasi.

Kemudian, untuk peserta pameran yang tak bekerjasama dalam promosi bersama BTN, Bank akan mematok bunga 9,99% fixed 5 tahun, 9,5% selama 3 tahun, 9% untuk 2 tahun dan 7,99% fixed 1 tahun.

Penawaran menarik lainnya, yaitu Bank BTN akan memberikan uang muka atau down payment (DP) hanya 1% untuk rumah bersubsidi, dan 5% rumah non subsidi.

Khusus untuk developer yang melakukan kerja sama promosi dengan milik BUMN tersebut, konsumennya juga mendapatkan free biaya administrasi dan biaya provisi.

Sementara untuk para konsumen yang hendak membeli rumah dari peserta pameran yang tak bekerjasama promosi akan memperoleh diskon biaya administrasi, diskon biaya provinsi bank dan diskon biaya premi asuransi jiwa.

Terbatasnya jangka waktu promo dengan banyaknya pilihan, disarankan datang ke pameran mulai dari hari pertama, 11 sampai 19 Februari 2017 mendatang, agar mempunyai waktu yang cukup untuk memilih.

Ratusan stand komersil developer perumahan, apartemen hingga kondotel dan puluhan stand untuk FLPP.

Kemudahan lainnya dari Bank BTN yaitu tentang persyaratan KPR yang mudah, Approval KPR hanya 1 jam, jangka waktu KPR hingga 25 tahun, konsultasi KPR di Stand Bank BTN, konsultasi desain, dan sebagainya.

Tak hanya itu, cukup berkunjung saja tak harus membeli rumah namun juga berkesempatan untuk mendapatkan puluhan hadiah menarik.

Caranya hanya dengan melakukan registrasi dipintu masuk Hall A dan Hall B di JCC, para pengunjung akan berkesempatan mendapatkan hadiah yang dilakukan undian tanpa dipungut biaya apapun.

Hadiahnya meliputi mobil, smart phone Samsung, TV LED, kulkas dan voucher belanja ratusan juta rupiah.