Terapkan ilmu fengshui, pada desain rumah. (Foto: dok.inapex)
Terapkan ilmu fengshui, pada desain rumah. (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Kepercayaan ini entah berdasarkan fakta atau sekedar mitos, tapi jika diterapkan dengan benar.

Ilmu Fengshui ternyata bisa memberi kualitas dan kenyamanan hidup yang lebih baik di dalam rumah.

Oleh karena itu, tak sedikit orang yang sengaja menyewa jasa pakar untuk menciptakan fengshui yang baik, termasuk masalah desain rumah.

Seperti diketahui, ilmu fengshui dipercaya bisa meningkatkan Chi positif di dalam rumah serta membuang energi negatif.

Namun justru sebaliknya, apabila tidak diterapkan dengan cara-cara yang benar, bukan tidak mungkin energi negatifnya yang akan lebih banyak masuk ke dalam rumah.

Perihal pantangan, yang pertama yaitu jangan membuat pintu belakang yang langsung menghadap pintu utama atau pintu depan.

Menurut kepercayaan fengshui, aliran energi chi selalu masuk lewat pintu utama atau yang disebut sebagai ‘The Mouth of Chi’, ia kemudian mengalir seperti air untuk mengisi dan memenuhi seisi rumah.

Bayangkan, jika pintu belakang berhadapan langsung dengan masuknya energi tersebut, maka chi akan langsung keluar tanpa mengitari seluruh ruangan di dalam rumah terlebih dahulu.

Begitu pun dengan tangga, jangan biarkan tangga rumah Anda menghadap langsung pintu utama, karena energi positif yang masuk akan langsung naik ke lantai atas tanpa mengitari lantai bawah.

Hunian yang baik merupakan hunian yang desainnya membiarkan energi positif masuk untuk mengitari dan mengisi seluruh rumah. Sehingga kemudian mendorong keluar energi negatif yang mengendap.

Berikutnya mengenai kamar mandi. Pintu kamar mandi sebaiknya juga jangan berhadapan langsung dengan pintu utama, karena energi positif bisa langsung terbuang lewat ruangan tersebut.

Jangan pula menempatkan kamar mandi di tengah – tengah rumah, karena akan mengacaukan energi Yin & Yang. Akan lebih baik jika bagian tengah rumah digunakan untuk tempat berkumpul, entah sebagai ruang keluarga atau ruang tamu.

Terakhir soal kamar tidur, akan menjadi sangat buruk jika ruang tidur berada langsung di atas garasi yang mengandung banyak energi bergerak. Karena ini sangat bertolak belakang dengan peran kamar tidur yang seharusnya damai dan tenang.