Hunian Strategis di Cikarang, Hanya Rp.355 Jutaan
Hunian di Cikarang (Foto: rumahdijual)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Pertumbuhan hunian strategis di Cikarang timur terus melambung, baik rumah tapak (landed house) dan hunian vertikal. Harga rumah di kawasan ini bahkan telah banyak yang mencapai angka miliaran rupiah.
“Khusus rumah tapak itu bisa terjadi, karena sudah banyak muncul hunian vertikal di kawasan tersebut. Kalau di satu kawasan banyak muncul hunian vertikal dan properti komersial, harga rumah tapak bakal lebih melambung,” tutur Ratdi Gunawan, Marketing Consultant Mega Residence Cikarang, dalam paparannya terkait proyek tersebut, Selasa (22/8).

Mega Residence Cikarang adalah salah satu cluster terbaru di kawasan Cikarang timur. Posisinya terletak di antara perumahan mewah Jababeka dan kawasan komersial Plaza Indonesia Jababeka Cikarang, kota mandiri Orange County, dan Meikarta yang akan dibangun kelak.

Akan tetapi, lanjut Ratdi, per unit hunian di Mega Residence Cikarang dipasarkan dengan harga perdana Rp.355 juta. Ia menuturkan, demand rumah dengan harga yang terjangkau atau Rp.500 juta ke bawah di kawasan Cikarang masih cukup tinggi.

“Unitnya terbatas dan kami berani tawarkan untuk cicilan uang muka Rp.3 jutaan per bulan,” jelas Ratdi.

Ratdi mengatakan bahwa saat ini pekerja di kawasan industri merupakan target pasar para pengembang perumahan di Cikarang, termasuk untuk proyek Mega Residence Cikarang. Pasar ini baik untuk rumah subsidi maupun komersial.

Hal itu sesuai dengan data PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk yang mengalirkan kredit sebanyak Rp.4,2 triliun untuk para debitur di kawasan Cikarang. Kepala Cabang Bank BTN Cikarang Bambang Prasetyo mengatakan bahwa nilai tersebut mengacu kepada portofolio perseroan selama 2016.”Untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) saja Rp.3,7 triliun,” jelas Bambang melalui pesan singkat kepada media, Selasa (16/5/2017). Dia menuturkan bahwa dari total pengajuan KPR ini, sebanyak 75 persen berasal dari rumah subsidi yang harganya berkisar Rp.120 juta-Rp.140 juta.

Secara menyeluruh terdapat 36.000 debitur yang tercatat di BTN Cikarang. Dibanding tahun lalu, dari segi nilai portofolio, kenaikannya kurang lebih 22 persen secara tahunan. “Target tahun ini di Cikarang untuk KPR sebesar Rp.1,1 triliun,” tutup Bambang.