Apartemen salah satu pilihan hunian bagi eksekutif muda. (Foto: dok.inapex)
Apartemen salah satu pilihan hunian bagi eksekutif muda. (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Eksekutif muda merupakan sebagian orang yang dikenal memiliki karakter pekerja keras, dinamis, praktis, dan inovatif. Bagi pemilik karakter khas dari eksekutif muda juga sangat berpengaruh pada pilihan hunian yang paling cocok untuk mereka.

Berdasarkan data dipameran Indonesia Properti Expo 2016, tipe property yang dicari pengunjung untuk hunian apartemen hanya kisaran 13% dan dan pencari rumah tinggal jauh lebih besar yaitu 82%.

Kemudian pengelompokan berdasarkan harga property yang dicari juga sangat didominasi dengan bandrol hunian mulai Rp.100 -300 jutaan sebesar 51%.

Selebihnya beberapa hunian eksekutif yang dicari dikalangan eksekutif mudah mulai harga Rp.300 juta – 600 juta 30%, dan untuk hunian seharga Rp.600 juta – 1 Milyar hanya berkisar 4%.

Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan pilihan Anda calon konsumen properti, kami akan mencoba memaparkan sejumlah bentuk hunian yang cocok dengan karakter eksekutif muda seperti berikut:

INDEKOST

Hunian pertama yang akan dibahas yaitu tentang indekost atau umum dikenal sebagai kost-kostan. Bentuk hunian itu sering menjadi pilihan dari eksekutif muda, karena harga sewa murah, praktis. Selain itu, indekost juga berlokasi strategis, di mana biasanya eksekutif muda akan memilih dekat dengan tempat bekerja.

Dari sisi harga, indekost menjanjikan harga yang sangat beragam, mulai dari sangat murah, hingga sangat mahal, dan tidak dapat dipungkiri.

Harga murah juga sering ditawarkan indekost merupakan “musik” bagi para eksekutif muda, khususnya bagi  yang baru membangun karirnya. Tak bedanya seperti karakter eksekutif muda tadi, kepraktisan indekost yang siap huni merupakan faktor utama yang sangat dipertimbangkan.

Apalagi mengingat sekarang sudah semakin banyak kost-kostan yang menawarkan beragam fasilitas layaknya apartemen. Satu lagi kelebihan dari indekost yaitu sifatnya hanya sementara. Sehingga bagi para eksekutif muda yang masih sering berpindah-pindah kantor, hunian jenis ini merupakan kelebihan karena bisa dengan mudah pindah dari satu indekost ke indekost lainnya.

Kemudian seorang eksekutif muda juga bisa dengan mudah berpindah-pindah indekost dikarenakan letak dari indekost sendiri yang banyak dijumpai di daerah-daerah yang strategis, seperti di kawasan kantoran atau dekat dengan fasilitas kendaraan umum, seperti stasiun kereta ataupun halte bus.

APARTEMEN

Untuk eksekutif muda yang sudah agak mapan, maka apartemen menjadi pilihan yang cukup difavoritkan. Hal ini tidak lepas dari berbagai jenis yang ditawarkan dari apartemen yang sejalan dengan keinginan dikalangan eksekutif muda tersebut. Diantarnya, rasa privat, aman, nyaman, dan praktis.

Selain sejumlah fasilitas yang disuguhkan sangat menggiurkan, Apartemen memang menawarkan privasi bagi penghuninya. Ia tidak diharuskan bersosialisasi dengan warga tetangganya, baik itu mengurusi atau diurusi.

Sehingga, dapat fokus pada pekerjaan atau untuk dimanfaatkan istirahat setelah lelah bekerja. Keamanan yang ditawarkan oleh apartemen juga membuat seorang eksekutif muda bisa dengan tenang meninggalkan huniannya untuk memenuhi kehidupannya yang dinamis.

Kenyaman juga menjadi persoalan penting selalu dipertimbangkan bagi eksekutif muda dalam memilih apartemen. Karena dengan berbagai fasilitas yang telah tersedia di apartemen, mulai dari sarana olahraga, sarana hiburan, tempat makan dan belanja, hingga hunian yang nyaman.

Semua hal plus tadi semakin menarik ditambah dengan kepraktisan yang ditawarkan apartemen, karena untuk masalah perawatan, penghuni tidak perlu sibuk mengurusinya lagi. Karena adanya pihak yang merawat apartemen, dan jika penghuni memilih untuk merawat sendiri apartemennya, maka tenaga yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar.

Ketertarikan para eksekutif muda terhadap apartemen ini tidak lepas dari lokasi apartemen yang sering berada di daerah strategis atau di tengah kota. Sehingga hunian vertical tersebut dinilai sangat berperan  memenuhi hidup mereka yang dinamis.

Segala nilai plus yang dimiliki apartemen ini mendorong banyak eksekutif muda untuk memiliki atau menyewa apartemen. Mengingat semakin banyaknya program kredit apartemen yang sekarang ditawarkan sehingga apartemen dapat dimiliki dengan harga yang lebih murah atau jauh lebih ringan.

RUMAH

Pemaparan terakhir yaitu tentang Impian untuk memiliki rumah sendiri juga menjadi bagian cita-cita seorang eksekutif muda. Kendati, berupa hunian  tapak seprti rumah idaman mereka sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya.

Menurut generasi eksekutif muda ini, cenderung ingin memiliki rumah yang bergaya minimalis dan praktis, serta mudah untuk dirawat dan nyaman untuk dihuni.

Namun justru, sebaliknya bergaya eksperimentatif atau eksploratif, kalangan eksekutif muda akan menggunakan hasil usaha mereka untuk mewujudkan impian rumah idaman sebagai bentuk penunjukkan jati diri.

Memang, untuk mewujudkan rumah impian bagi eksekutif muda ini, harus merogoh kocek yang agak dalam. Untungnya, sama seperti apartemen, rumah merupakan salah satu bentuk hunian yang bisa dimiliki melalui  program kredit, yaitu KPR.

Biasanya, seorang eksekutif muda mampu memiliki hunian sesuai impiannya hanya dengan membayar uang muka dan kemudian membayar cicilan dengan biaya yang lebih ringan tiap bulannya. Nah, jadi menurut pembaca INAPEX.co.id, manakah jenis hunian paling tepat untuk Anda?