apartemen
Ilustrasi apartemen. (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Seiring meningkatnya kebutuhan rumah tinggal serta ditengah sulitnya mencari lahan, saat ini hunian apartemen terlihat semakin diminati masyarakat kota. Apalagi, hunian vertikal ini bukan lagi hanya sebagai hunian bagi para pekerja di kota metropolitan, namun juga dimanfaatkan sebagai alat investasi yang sangat menguntungkan.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan kalau banyak pengusaha properti yang menawarkan apartemen baru dengan harga yang murah. Menggiurkan memang, tapi sebelum kita mengambil keputusan untuk beli apartemen sebaiknya perhatikan 5 poin penting ini:

1. LOKASI

Sebelum membeli apartemen murah, sebaiknya kamu melakukan survei pada beberapa apartemen terlebih dahulu untuk menentukan wilayah yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Biasanya yang menjadi prioritas adalah lokasi yang strategis, akses jalan tol mudah, dekat dengan daerah perkantoran, universitas, fasilitas umum seperti rumah sakit, bank, minimarket, dan kemudahan transportasi.

Tentu saja lokasi yang strategis akan mempengaruhi harga jual apartemen tersebut, oleh sebab itu sesuaikan budget yang Anda miliki dengan kebutuhan apartemen yang ingin Anda beli.

2. TUNAI atau CICILAN

Pertimbangan harga dan cara pembayaran tentunya menjadi faktor utama dalam membeli sebuah apartemen. Bagi anda yang berpenghasilan kelas atas tentunya tidak ada masalah untuk langsung membayar apartemen secara tunai. Tentu dengan pembayaran tunai harga apartemen tidak akan dikenakan bunga cicilan sehingga lebih murah, namun butuh waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan uang.

Bagi yang berpenghasilan menengah, maka membayar cicilan bertahap bisa dijadikan salah satu pilihan. Atau Anda juga bisa menggunakan layanan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) yang disediakan oleh beberapa pihak Bank tertentu.

Selain memudahkan pengelolaan keuangan karena Anda tidak langsung mengeluarkan uang dalam jumlah besar, dengan menggunakan sistem kredit ini jika uang muka besar maka jangka waktu pembayaran semakin lama. Kekurangannya yaitu total uang yang dikeluarkan lebih mahal daripada harga aslinya. Suku bunga yang fluktuatif sehingga cicilan bunga berisiko bertambah mahal setiap tahun.

3. FASILITAS

Setiap apartemen tentu memiliki fasilitas yang berbeda-beda, apalagi fasilitas yang ditawarkan oleh apartemen dengan harga yang murah. Tapi walaupun murah, kesediaan fasilitas yang mencukupi tetap harus kita pertimbangkan.

Pilihlah apartemen dengan fasilitas dan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berbagai fasilitas yang ditawarkan apartemen biasanya meliputi pasar swalayan, food court, area parkir, shuttle bus, service charge yang terjangkau, kolam renang, taman bermain, dan fasilitas olahraga.

Beberapa apartemen juga menyediakan ruang terbuka hijau, area parkir yang luas, dan taman. Namun yang harus menjadi prioritas Anda adalah adanya fasilitas keamanan.

4. STATUS

Sebelum membeli apartemen perhatikan pula status tanah bangunan, pastikan bahwa tanah yang dipakai sebagai lahan bangunan apartemen bukanlah tanah sengketa atau masih berstatus sewa. Dokumen juga tidak boleh bermasalah, misalnya menjadi jaminan di bank.

Pastikan juga apartemen tersebut sudah menjadi hak milik pengembang, dan bukan masih status Build, Operate, Transfer (BOT). BOT merupakan pemanfaatan aset milik negara atau daerah berupa tanah yang pemanfaatannya dilimpahkan kepada pihak lain selama jangka waktu tertentu. Karena jika waktu yang ditentukan telah habis, maka tanah dan bangunan tersebut harus dikembalikan atau diserahkan kepada pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

5. RENCANA

Pemilihan apartemen harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda masih lajang, mungkin akan berpikiran untuk membeli apartemen tipe studio yang tidak terlalu besar. Namun di kemudian hari Anda tentu akan memutuskan untuk berkeluarga, lebih baik sejak awal Anda memilih apartemen yang setidaknya mempunyai dua kamar, sehingga Anda tidak perlu melakukan investasi dua kali.

Berbeda jika Anda sengaja membeli apartemen untuk berinvestasi, Anda bisa membeli apartemen saat masih dalam proses pembangunan. Harganya akan relatif lebih murah. Faktor lokasi juga mempengaruhi nilai investasi sebuah apartemen.