Mau Tau Kemudahan Fasilitas Kredit Melalui Tekfin?
Fasilitas Kredit Melalui Tekfin (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Teknologi finansial atau Tekfin sudah dan akan mengubah drastis cara orang dapat pinjaman KPR, mengirim uang, melakukan pembayaran, hingga berinvestasi. Orang pun tak harus datang ke bank.

Layanan perbankan ada di genggaman tangan. Kemudahan akses, kenyamanan, kecepatan, dan kemandirian jadi kata kunci layanan keuangan digital itu.

Tekfin mengguncang kemapanan bisnis perbankan, misalnya media daring, musik, buku digital, dan film yang dapat diunduh langsung dari internet, taksi daring, dan media sosial menggoyang bisnis media cetak, musik, buku, dan taksi.

Bila fungsi utama perbankan menerima simpanan, memberikan pinjaman, dan memfasilitasi pembayaran, perusahaan tekfin telah memreteli fungsi tersebut secara terpisah melalui aplikasi teknologi digital terbaru.

Bahkan, dalam jangka menengah panjang perusahaan tekfin dapat meminimalisir fungsi bank dalam menerima simpanan, sebab misalnya, sebagian pemilik duit lebih tertarik menyalurkan dananya langsung ke calon peminjam lewat perusahaan tekfin daripada menyimpannya di bank.

Oleh sebab itu, bank-bank mesti beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Khususnya bank penyalur kredit pemilikan rumah/apartemen (KPR/KPA) seperti BTN yang 9 Februari lalu berulang tahun ke-67, dengan menerapkan digital banking supaya akses pasar terhadap produk-produknya jadi lebih mudah dan cepat.

Digital banking merupakan layanan berbasis media digital yang memungkinkan nasabah secara mandiri, lebih efisien dan cepat memperoleh informasi mengenai produk bank, melakukan komunikasi-konsultasi-simulasi-registrasi, mengajukan aplikasi, bertransaksi hingga melakukan pembayaran.

Bentuk produknya beragam seperti mobile banking, video banking, internet banking, dompet elektronik, cash recycle machine (CRM) yang dapat menerima ataupun mengeluarkan uang selain sarana transaksi non tunai, dan lain-lain.

Dengan digital banking nasabah dapat mengakses produk BTN kapan saja, di mana saja, selama 24 jam lewat semua channel tanpa perlu datang ke ATM atau kantor cabang terdekat.

Di gawainya, nasabah cukup membuka situs jual beli rumah, mengakses situs bank, melakukan simulasi cicilan berdasarkan penghasilan dan harga rumah yang dipilih.

Setelah itu, melakukan pemesanan rumah yang cocok dengan simulasi penghasilan, membayar uang muka ke pengembang rumah atau penjual, mengajukan aplikasi KPR ke bank, mengirimkan copy identitas, surat pengangkatan sebagai karyawan, bukti pembayaran uang muka, slip gaji, dan lain-lain melalui email, dan dengan cepat mendapat kepastian: permohonan KPR-nya diterima atau ditolak.

Jika diterima, KPR sudah ada dalam genggaman tangan Anda hanya dalam beberapa jam saja.