Hari ini Raja Salman Datang, Tol Jagorawi Ditutup
Tol Jagorawi Ditutup (Foto: jasamarga)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, –  Akses menuju Bogor melewati Tol Jagorawi ditutup hari ini, Rabu (1/3) guna mengantisipasi kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz ke Jakarta.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jagorawi membenarkan hal ini setelah mengikuti rapat koordinasi di Polresta Bogor Kota.

“Sesuai hasil rapat, maka petugas layanan operasional Jasa Marga akan menutup akses keluar via Gerbang Tol (GT) Bogor Tol Jagorawi yang akan dilakukan tanggal 1 Maret 2017 Pukul 12.30 WIB hingga 13.30 WIB untuk mengantisipasi jalur yang digunakan oleh tamu negara,” papar AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru, dalam siaran pers yang diterima pers, Selasa (28/2).

Oleh karena itu, Jasa Marga mengimbau kepada semua pengguna jalan yang menuju Bogor supaya menggunakan akses keluar alternatif lainnya, yaitu melalui GT Sentul Selatan atau GT Ciawi.

Kedatangan Raja Salman akan disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Setelah itu, kedua Kepala Negara akan melaksanakan pertemuan di Istana Bogor.

Presiden Jokowi tak satu mobil dengan Raja Salman. Keduanya juga tak beriringan ke Istana Bogor.

“Pukul 12.30 WIB, Presiden Jokowi akan menjemput secara langsung dengan protokoler negara. Ini mungkin yang pertama kali dilakukan Presiden,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Presiden, Jakarta.

Presiden Jokowi berjalan terlebih dahulu ke Istana Bogor disusul oleh Raja Salman beserta rombongan sekitar 20 menit kemudian.

 Jadwal Hari Pertama Raja Salman

Kunjungan kenegaraan di Istana Bogor akan dimulai pukul 13.15 WIB.

Raja Salman akan memasuki kawasan Istana Bogor yang dikawal parade lengkap dari Paspampres, pasukan berkuda, dan pasukan Nusantara.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi akan menyambut untuk kedua kalinya kedatangan Raja Salman bersama rombongan.

Masyarakat dipersilahkan melihat rangkaian penyambutan tersebut dari luar pagar Istana. Dalam rangkaian kunjungan kenegaraan tersebut, kedua kepala negara dijadwalkan mengikuti beragam acara.

Mulai dari veranda talk atau bincang-bincang di beranda secara empat mata, pertemuan bilateral antara Raja Salman dan delegasi dengan Presiden Jokowi dan Kabinet Kerja, kemudian penandatanganan nota kesepahaman dua negara.

Rombongan Raja Salman berjumlah 1.500 orang, tetapi tak semua rombongan ikut menghadiri pertemuan di Istana Bogor. Hanya 10 menteri, 25 pangeran, dan 50 perangkat delegasi yang diperbolehkan mengikuti rangkaian kunjungan kenegaraan itu.

Raja Salman akan berada di Jakarta dan melakukan beragam kegiatan lainnya selama empat hari.

Setelah melakukan pertemuan dengan Jokowi, Raja Salman dan seluruh rombongan akan berlibur di Bali selama lima hari.