Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

 

BOGOR, INAPEX.co.id – Harganya dibawah Rp.200 jutaan, rumah dekat Stasiun Citayam ini banyak dibeli konsumen properti. Tak heran, sejumlah kota penyangga Jakarta, seperti Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi menjadi alternatif lokasi pembangunan rumah murah.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sepekan ini sudah meresmikan dua proyek perumahan murah, di Serpong, Tangerang, dan Cikarang, Bekasi.

Pamor rumah murah pun semakin mengemuka. Terlebih masyarakat menyambut antusias dengan harapan bisa memiliki rumah layak huni melalui skema pembiayaan mudah, dan murah.

Seperti diketahui di kawasan Citayam, Depok, terdapat banyak perumahan murah, khususnya disekitar stasiun.
Kendati demikian, mayoritas rumah tersebut berbentuk klaster dan tidak semuanya memiliki nama.

1. Rumah di dekat Jalan Raya Citayam dan Cipayung

Rumah ini memiliki luas tanah 50 meter persegi dan bangunan 27 meter persegi ini. Dengan luas tersebut, rumah ini dilengkapi 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan 1 carport.

Harganya dibanderol Rp 165 juta dengan cicilan Rp 950.000 per bulan dalam 15 tahun. Cicilan ini bisa didapatkan dengan pemberian uang muka sebelumnya sebesar 30 persen, yakni Rp 49,5 juta.

2. Cluster Diamond Citayam

Perumahan ini terletak 3,5 kilometer dari Stasiun Citayam. Memiliki luas bangunan 36 meter persegi dan tanah 72 meter persegi, tipe rumah tersebut dibanderol Rp 190 juta.
Di dalamnya sudah termasuk 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Selain itu, tiap unitnya sudah dilengkapi dengan carport.
Adapun cicilannya sebesar Rp 1,1 juta per bulan dengan jangka waktu 15 tahun. Uang mukanya Rp 57 juta atau 30 persen dari harga yang ditentukan.

3. Rumah tipe 36/65

Masih di Jalan Raya Citayam, terdapat rumah yang dijual seharga Rp 165 juta. Dengan luas bangunan 36 meter persegi dan tanah 65 meter persegi, rumah ini memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.
Selain itu, rumah ini juga sudah memiliki dapur dan carport untuk 1 mobil. Spesifikasinya antara lain, lantai keramik 40×40 cm, pondasi batu kali, dan rangka baja ringan.

4. Rumah tipe 45/55

Di daerah tersebut ada pula rumah dengan luas bangunan 45 meter persegi dan tanah 55 meter persegi seharga Rp 175 juta.
Dengan luas tersebut, rumah ini memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Spesifikasinya, pondasi cakar ayam dinding hebel, dan penutup plafon gipsum.