hanya bisa diakses oleh mereka yang tidak sensitif terhadap harga. (Foto: rooang.com)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Jakarta Light Rail Transit atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jakarta LRT merupakan sebuah sistem MassTransit dengan kereta api ringan(LRT) yang akan menghubungkan Jakarta dengan kota-kota disekitarnya seperti Bekasi dan Bogor. Namun seiring pembangunan LRT di Jabodetabek, menjadikan berbagai kemudahan hunian di sekitarnya mulai merangkak cepat tak seiring dengan penghasilan pekerja di Jakarta dan sekitarnya.

Sementara itu, pencari hunian, baik rumah maupun apartemen, masih banyak yang mempertimbangkan masalah harga, lokasi, aksesibilitas, dan juga kedekatan dengan moda transportasi massal. Seperti yang di utarakan Richard, salah satu manajer perusahaan swasta di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta.

“Namun, pada kenyataannya seringkali ke empat hal ini tidak linear dalam satu paket hunian yang ditawarkan para pengembang. Ada hunian yang harganya murah, namun lokasi di ujung perbatasan terjauh dengan pusat kota penyangga Jakarta. Kalau kata generasi milenial, “enggak ada di peta”, ujar Richard, saat di temui INAPEX, belum lama ini.

Menurut Richard, jika ada pengembang yang menawarkan hunian dengan lokasi hanya sepelemparan batu dari pusat bisnis Jakarta atau istilah mentereng-nya Jakarta Central Business District (CBD), ketika dilihat dari harganya, cukup mencengangkan.

Dirinya menambahkan, mau tahu harga untuk hunian-hunian apartemen di sekitar Sudirman CBD, Kuningan CBD atau Thamrin CBD? Jangan kaget, harganya sudah puluhan miliar per satu unit. Jika dihitung per meter persegi, paling murah adalah Rp 60 juta per meter persegi.

“Ini hanya bisa diakses oleh mereka-mereka yang tidak sensitif terhadap angka dan harga. Jadi, bagaimana nasib generasi milenial dan kalangan masyarakat seperti saya yang pertumbuhan penghasilannya sangat diametral dengan kenaikan harga properti?”keluh Richard, sedikit bertanya.

Melihat keluhan generasi millennial dan kalangan masyarakat dari golongan yang sensitive terhadap angka dan harga, INAPEX.co.id mencoba merangkum hunian-hunian dengan harga yang terbilang masih bersahabat, dengan berbagai kemudahan seperti dekat dengan pusat aktivitas bisnis, dan juga sangat aksesibel karena di bangun tidak terlalu jauh dari Light Rail Transit (LRT).

Di Jakarta Utara misalnya. Ada tower perdana Cleon Apartement di Jakarta Garden City (JGC) yang dibanderol Rp 400 jutaan untuk unit yang termurah.

Selain itu, juga ada Madinah Islamic Tower di Jatinegara yang dijual seharga Rp 290 jutaan untuk unit termurah dengan cicilan mulai dari Rp 3,75 juta/bulan.

Apartemen lainnya yakni East8 Cibubur yang dikembangkan PT Karya Cipta Group. Apartemen tersebut dijual seharga Rp 292 juta untuk yang termurah.

Bergeser ke Bekasi, ada Trans Park @ Juanda di Bekasi. Hunian berkonsep mixed use development yang dikembangkan Trans Property tersebut, dibanderol dengan harga Rp 290 juta untuk unit yang termurah.

Berikut grafisnya:

Daftar apartemen dekat LRT. (Foto: Kompas)