Habis diserbu Pembeli, Rumah Rp.399 Juta di Cikarang
Palm Residence (Foto: kreditrumahbekasi)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – PT Jabebaka Tbk melalui anak usahanya PT Grahabuana Cikarang, tengah meluncurkan produk baru berupa cluster perumahan dengan harga mulai Rp.399 juta di Cikarang.

Menurut Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang Suteja Darmono, rumah murah tersebut cukup langka di kawasan ini yang telah dilengkapi berbagai fasilitas.

“Namanya Palm Residence, 10 Juni nanti baru mau luncurkan. Sekarang sedang pemasaran Nomor Urut Penjualan (NUP),” tutur Suteja di Menara Batavia, Jakarta, Rabu (31/5).

Ia menuturkan bahwa rumah yang ditawarkan dalam cluster ini sangat terbatas yaitu 116 unit. Akan tetapi, pembeli yang telah berminat dan mengambil NUP telah sebanyak 180 unit.

Dengan begitu, Jababeka membatasi NUP yang diambil pembeli. Melihat antusias pembeli dengan hunian harga ini, Jabebaka tengah berencana untuk mengeluarkan cluster berikutnya.

“Mungkin akan luncurkan cluster lagi, tapi produk yang berbeda,” papar Suteja.

Kemudian, General Manager Corporate Marketing PT Grahabuana Cikarang Handoyo Lima menuturkan bahwa rumah-rumah yang dijual ini harganya berkisar Rp.399 juta-Rp.499 juta.

Setiap unitnya mempunyai ukuran bangunan 45 meter persegi dengan luas lahan mulai dari 45 meter persegi sampai 60 meter persegi.

Berhubungan dengan kemungkinan peluncuran perumahan baru, Handoyo memastikan harganya pasti di atas Rp.400 juta.

“Harga untuk rumah yang nanti diluncurkan lagi, pasti lebih mahal. Ini terakhir kami luncurkan di harga Rp.300 jutaan,” ucap dia.

Terlepas dari itu, pada kesempatan berbeda, masih banyak kesempatan untuk mempunyai rumah sendiri. Sekalipun dengan gaji UMR masih dapat membeli rumah murah di sekitar Jakarta (Bodetabek).

Salah satu kawasan yang banyak menawarkan ialah Parung Panjang. Meski masuk wilayah Kabupaten Bogor letaknya cukup dekat dengan Serpong, Tangerang Selatan. Perumahannya banyak dikembangkan di Jl Cibunar, Parung Panjang, tak jauh dari Stasiun Parung Panjang.

Dengan kereta komuter kawasan ini hanya sekitar 15 menit dari Serpong. Sementara dari Tanah Abang bisa ditempuh hanya 30 menit. Perumahannya antara lain Bumi Parung Panjang,Puri Harmoni 8,  Mutiara Parung Panjang, dan Serpong Green Paradise. Harga rumahnya sekitar Rp.133,5 – Rp.141 juta.

Dengan bunga 5 persen (bunga subsidi), DP 5 persen, jangka waktu kredit 20 tahun angsurannya kurang dari Rp.900.000 per bulan. Oleh sebab itu, rumah tersebut terjangkau gaji UMR di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek). Gaji UMR di Jabodetabek kini sekitar Rp.3,2-3,6 juta per bulan.

Bumi Parung Panjang di Jl Sudamanik menuturkan rumah dua kamar tipe 36/60 Rp.133,5 juta. Harga ini telah termasuk BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) dan dilengkapi kolam renang.