Gudang Bau Apak? Intip Cara Mencegahnya Yuk
Bersihkan Gudang (Foto: swimzip)

INAPEX.co.id, – Aroma lembab dan apak biasanya membuat Anda malas beraktivitas di dalam gudang. Akibatnya, berbagai kegiatan rumah tangga lainnya menjadi ikut terganggu.

Begitu tak sedapnya aroma gudang, Anda mungkin akan menyuruh orang lain untuk masuk ke dalam hanya untuk mengambil barang yang diperlukan.

Meski gudang dipakai sebagai ruangan untuk menyimpan barang, bukan berarti Anda jadi menyia-nyiakan kondisinya sehingga membiarkan bagian dalamnya beraroma lembab yang akan membuat sesak napas bagi orang yang setiap kali masuk ke gudang.

Yuk, cegah aroma apak di dalam gudang dengan cara-cara berikut ini;

Selalu buka pintu

Jika gudang tidak mempunyai jendela, sebab biasanya ruangan ini berada di bagian belakang rumah. Sebaiknya bukalah pintu gudang minimal dua hari sekali.

Biarkan pintunya terbuka selama 2-3 jam, agar udara di dalam ruangan terganti menjadi lebih segar. Membuka pintu juga berguna supaya cahaya matahari masuk, untuk mencegah timbulnya jamur.

Bersihkan

Jangan lupakan gudang ketika membersihkan rumah setiap hari minggu. Pel bagian lantainya dan bersihkan area dinding serta plafonnya. Semprotkan pengharum ruangan supaya aroma gudang tak apak dan lembap.

Tambahkan kapur barus atau kamper di sudut-sudut ruangan guna mencegah tikus atau kecoa bersarang di dalam gudang.

Lakukan daur ulang

Gudang lebih baik tak dibiarkan terlalu penuh. Jika memang telah banyak barang menumpuk, lakukan daur ulang setiap 1 tahun sekali pada seluruh barang.

Cek kembali barang apa saja yang selama setahun belakangan tak digunakan, lalu singkirkan. Bisa juga dengan menjualnya kepada tukang loak.

Janganlah menyimpan koran, buku, dan kertas bekas sebab mudah membusuk dan menimbulkan bau tak sedap.

Sisipkan gel silika

Bila menyimpan barang di dalam dus, periksa kondisi dus setiap bulannya. Jangan dibiarkan di dalam ruangan yang lembab,karena  dus mudah berjamur dan lapuk hingga menimbulkan aroma apak.

Ganti dus lama dengan dus terbaru, kemudian sisipkan gel silika agar tidak tumbuh jamur di barang dan dus Anda.

Buat jendela

Jika memungkinkan untuk membuat jendela atau lubang angin pada gudang, segera lakukan. Setidaknya ada satu jendela kecil untuk sirkulasi udara dan cahaya di dalam gudang. Lebih bagus dengan memasang exhaust fan agar sirkulasi udara lebih lancar.

(rmh)