Gratis Selama Lebaran, Mudik Melewati Jalan Tol Trans-Sumatera
Tol Trans-Sumatera (Foto: aktual)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Beberapa ruas Jalan Tol Trans-Sumatera akan difungsikan atau dibuka sementara selama masa mudik Lebaran 2017. Panjang ruas tol yang dibuka sejauh 65 kilometer.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna mengatakan bahwa masyarakat akan dibebaskan membayar tarif jalan tol yang kelak akan difungsikan.

“Untuk sementara fungsional, operasional setelah lebaran. Jadi gratis,” tutur Herry di Galeri Nasional Jakarta, baru-baru ini.

Adapun ruas yang difungsikan adalah Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, khususnya pada Segmen Kotabaru-Lematang yangada pada Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru.

Panjang jalan yang difungsikan yakni 5 kilometer dengan jalan rigid pavement. Ruasnya adalah Palembang-Indralaya, tepatnya pada Seksi 1 Palembang-Pamulatan.

Sejauh ini progres konstruksi sudah mencapai 87,97 persen. Akan tetapi, jalan sepanjang 7,75 kilometer tersebut bisa difungsikan dengan kondisi jalan flexible pavement.

Sementara Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang akan difungsikan ialah Seksi 2-6 Bandara Kualanamu-Kota Sei Rampah. Kondisi jalan sepanjang 41,6 kilometer tersebut sudah dilapisi rigid pavement.

Terakhir, ruas Tol Medan-Binjai yakni di Seksi 2 Helvetia-Semayang sejauh 6,18 kilometer dan Seksi 3 Semayang-Binjai sepanjang 4,28 kilometer.

Ruas jalan yang direncanakan akan dioperasikan pada Desember 2017 itu telah dilapisi flexibel pavement.

Jalan Tol dan Jalan Non Tol

Konektivitas untuk memperlancar arus mudik di Pulau Sumatera saat ini sudah menjadi perhatian pemerintah, seperti yang dilakukan pada jalur mudik di Pulau Jawa.

Hal tersebut tak terlepas dari kepadatan kendaraan khususnya jelang mudik Lebaran 2017.

“Di Sumatera, karena banyak terjadi pergerakan barang dan orang setelah di Pulau Jawa maka kami siapkan jalur mudiknya,” papar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, di Jakarta, baru-baru ini.

Arie mengatakan bahwa jalan tol dan jalan non-tol sudah disiapkan oleh pemerintah untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2017 ini.

Untuk jalan tol, jalur yang fungsional sejauh 65 kilometer. Ruasnya ialah Seksi 1 Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang menghubungkan Sidomulyo-Pelabuhan Bakauheni.

PT PP (Persero) Tbk sebagai kontraktor seksi tol memastikannya saat melakukan kunjung ke lokasi proyek, belum lama ini.

“Seksi satu dari Sidomulyo-Pelabuhan Bakauheni dengan panjang 7 kilometer dari total 39 kilometer akan fungsional Lebaran nanti untuk mengurai kemacetan ke Pelabuhan Bakauheni,” jelas Kepala Pelaksana Pembangunan Seksi 1 Sidomulyo-Bakauheni Defri Maulana.

Adapun untuk progres konstruksi semua seksi 1 ini telah mencapai 47 persen. Difungsikannya jalan tol ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan dari dan menuju Pelabuhan Bakauheni yang sering terjadi saat musim mudik.