Stop Boros, Waktunya Generasi Milenial Beli Hunian Untuk Masa Depan
Generasi Milenial (Foto: eskulin)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Generasi muda Indonesia yang lahir di tahun 1980-2000 atau lebih dikenal sebagai generasi milenial, akan semakin sulit membeli rumah di 4-5 tahun mendatang.

Wow! Kenapa? Hal ini dikarenakan kenaikan gaji atau pendapatannya tidak sebanding dengan kenaikan harga hunian. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

“Generasi milenium tidak bisa membeli atau mencicil rumah di dalam kota. Karena pendapatannya dalam 4-5 tahun bekerja hanya naik 10%. Tidak sebanding dengan kenaikan harga tanah yang bisa mencapai 15-20%,” papar Darmin.

Mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut berani memastikan bahwa bila kondisi ini tak diantisipasi oleh generasi milenial dengan mencari pekerjaan yang berpenghasilan lebih besar atau mencari penghasilan tambahan dengan berbisnis, maka impian memiliki rumah selamanya hanya jadi mimpi.

Kesulitan membeli atau mencicil rumah, tambah Darwin, bahkan saat ini telah dirasakan oleh sebagian masyarakat Indonesia kelahiran periode 1980 hingga awal 2000-an.

“Jadi dalam beberapa tahun (ke depan) akan ketinggalan,” tambahnya.

Jangan tunda lagi beli rumah, agar tidak menyesal seumur hidup sebab saat berkeluarga tidak bisa memiliki rumah sendiri dan selamanya terus bergantung pada orang tua.

Logikanya, jika sekarang saja sudah sulit untuk beli rumah, apalagi masa-masa nanti karena harga rumah terus naik, bukan?

Supaya generasi milenial dapat memiliki rumah pribadi, tambah Darmin, dengan membuka lebih besar akses untuk mereka. Pemerintah mesti segera membuat kebijakan ekonomi di bidang pertanahan.

Salah satunya adalah dengan menyiapkan kebijakan tabungan tanah atau land bank untuk masyarakat perkotaan.

 

Selain itu, cara memperoleh hunian dengan berbagai kemudahan adalah dengan mencarinya di Pameran bertajuk Indonesia Properti Expo 2017 yang akan digelar di Hall A untuk hunian mahal dan Hall B untuk hunian murah, Jakarta Convention Center, Jakarta pada 11-19 Februari 2017.

Pameran ini menyediakan 700 proyek mulai dari Rp.133 juta dan di berbagai lokasi, jadi generasi milenial bisa memilih apa yang diinginkan.

Kemudian untuk promo-promo yang ditawarkan bisa menjadi patokan untuk segera membeli, misalnya perumahan yang diincar sedang mengadakan promo bebas uang muka hanya saat pameran, uang muka sudah masuk dalam cicilan Anda, jadi cukup membayar booking fee Rp.1 juta sudah bisa pilih rumah dan hanya tinggal menunggu konfirmasi bank.

Jika lolos dan bisa KPR, Anda sudah mendapatkan rumah bukan? semudah itu membeli rumah.

Direktur Utama PT Ad-House Indonesia Cipta Soedirman Zakaria sebagai penyelenggara pameran ini mengatakan segmen pasar generasi milenial menjadi tantangan tersendiri.

“Faktor lokasi, gaya hidup, luas, dan fasilitas yang ditawarkan lingkungan sekitar menjadi pertimbangan dalam menentukan hunian masa depan bagi generasi milenial,” jelasnya saat ditemui INAPEX.co.id, di Jakarta.