Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Jelang dipenghujung tahun 2018, developer ini justru menggandeng investor asal Jepang melalui skema kerjasama patungan untuk pengembangan proyek Serpong Garden Apartement.

Developer tersebut yaitu PT Hutama Anugrah Propertindo tengah mengembangkan proyek apartemen di Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten. Keduanya mengincar pendapatan prapenjualan sebesar Rp 2 triliun.

Hutama memegang porsi saham mayoritas dalam perusahaan patungan tersebut. “Kami akan menerapkan teknologi dan keahlian yang dimiliki mitra kami ini,” kata Ferdy Sutrisno, Direktur Utama Hutama Anugrah.

Sementara proses pemasarannya sudah berlangsung sejak Januari 2017 lalu. Hutama Anugrah mengklaim, seluruh unit apartemen menara I dan II yang mencapai 2.000 unit telah ludes terjual. Mereka mengantongi marketing sales Rp 800 miliar.

Kemudian, Hutama Anugrah berencana merilis apartemen menara III pada kuartal I 2019 nanti. Proyek tersebut bakal berisi 1.500 unit.

Pingki Elka Pangestu, Komisaris Hutama Anugrah, menjelaskan, Creed Group sudah memiliki pengalaman mengembangkan proyek transit oriented development (TOD). “Sehingga nantinya, melalui investasi Creed Group dari Jepang dalam Serpong Garden Apartment, akan ditingkatkan lebih dari TOD menjadi TOL,” ujarnya.

Konsep TOL, ujar Hutama Anugrah, berbeda dengan TOD. TOL adalah desain pengembangan proyek yang mengacu pada peningkatan kualitas hidup yang saling terintegrasi. Sedangkan TOD merupakan pendekatan pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dan memaksimalisasi penggunaan berbagai angkutan massal. Hutama Anugrah mengklaim, Serpong Garden Apartment sebagai proyek TOL pertama di Indonesia.

Selain itu, hunian vertikal selanjutnya yaitu Apartemen One Parc Puri. Apartemen ini merupakan hunian modern yang merupakan intergrated development dan mengusung konsep WOHO atau Work Office Home Office yang dikembangkan oleh PT Metropolitan Karyadeka Ascendas.

Konsep WOHO yang diterapkan One Parc Puri merupakan konsep Woho pertama di Indonesia. Konsep ini sebelumnya pernah diterapkan di beberapa Negara berkembang lainnya seperti Singapura.

One Parc Puri akan memasarkan 2 tower yang merupakan perpaduan apartemen hunian berkualitas dan ruang perkantoran dengan berbagai fasilitas mendukung.

Kedua tower dari One Parc Puri Apartment yaitu Tower Orchidea yang merupakan tower hunian 41 lantai dan tower keduanya yaitu Tower Olea yang merupakan perpaduan antara hunian dan perkantoran atau Work Office Home Office (WOHO).

Konsep WOHO ini menyatukan ruang bekerja dan ruang hunian dengan akses Lobby dan lift yang berbeda antara lantai hunian dan perkantoran.