Ilustrasi diperagakan model. (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Bagaimana jika mempunyai gaji hanya Rp.4 jutaan, tapi ingin beli rumah dan mobil? Pastinya, setiap orang berkeinginan bisa memiliki rumah yang nyaman dan kendaraan pribadi. Namun, keinginan ini bertambah sulit kalau statusnya sudah berkeluarga dan memiliki anak lantaran kebutuhan hidup juga semakin besar.

Bagi yang berpenghasilan besar, membeli dua barang ini tentu bukanlah hal yang sulit. Bagaimana yang bergaji pas-pasan?
Punya rumah dan mobil bisa menjadi mimpi belaka, karena sulit mengalokasikan anggaran.

Terlebih kondisi harga barang pokok mahal dan harga rumah yang makin melambung. Kemudian, bagaimana dengan yang bergaji standar di kisaran Rp4 juta-Rp5 juta? Karyawan yang berpenghasilan segitu sebenarnya bisa mencicil rumah dan mobil.

Ada sejumlah tips yang bisa dijadikan refrensi agar kedua kebutuhan ini bisa terwujud. Yaitu terdapat 5 cara yang bisa ditempuh supaya tetap bisa mencicil rumah dan mobil dengan gaji Rp4 juta-Rp 5 juta per bulan.

MENABUNG

Sebaiknya menabung terlebih dahulu jika berencana mencicil rumah atau mobil. Tujuannya yaitu untuk meringankan beban angsuran agar tidak terlalu mahal. Tabungan ini juga bisa digunakan sebagai dana darurat.

Disarankan untuk menabung di awal gajian supaya tabungan tetap utuh. Jika menabung di akhir tahun, jumlah tabungan akan fluktuatif karena yang ditabung adalah sisa gajian. Jika kebutuhan terlalu banyak, bisa jadi tak ada uang tabungan yang bisa disisihkan.

Hal yang perlu diingat adalah bank hanya akan membantu angsuran 70-80 persen dari harga rumah. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan 20-30 persen untuk uang muka. Selain itu, masih banyak biaya-biaya lain yang harus dipersiapkan, seperti biaya notaries dan pajak.

PROYEKSI KEBUTUHAN

Persoalan yang terpenting sebelum memutuskan mulai cicilan adalah kemampuan mengelola keuangan dengan baik. Kemudian mulai memproyeksikan kebutuhan pribadi sebagai prioritas, seperti uang makan dan transportasi.
Oleh sebab itu, untuk kebutuhan yang bersifat hiburan, bisa ditempatkan setelah alokasi gaji untuk membeli rumah atau mobil impian. Dengan begitu, tujuan anggaran setiap bulan bisa lebih jelas dan terukur dengan baik.

INVESTASI

Untuk mengawali investasi serta mewujudkan mimpi memiliki rumah idaman. Dapat direalisasikan melalui tabungan dalam bentuk investasi seperti emas logam mulia. Nilai emas naik rata-rata 15-25 persen per tahun sehingga bisa mengungguli marjin pinjaman rumah atau mobil dengan marjin flat 11 persen per tahun. Emas bisa dijadikan sebagai pelunasan utang saat dijual kembali.

DANA TAK TERDUGA

Selain memenuhi kewajiban cicilan dan kebutuhan setiap bulan juga perlu menyediakan dana tak terduga (darurat) berupa tabungan yang berbeda. Besarnya dana sebesar 5-10 persen dari total penghasilan. Kemudian, dana ini bisa dimanfaatkan untuk kondisi mendadak sehingga tak mengganggu tabungan membeli rumah.

ACUAN HARGA

Sangat penting melihat acuan harga dalam menentukan nilai rumah atau mobil yang akan dibeli. Besarnya nilai dua kebutuhan ini harus menyesuaikan dengan kemampuan gaji. Pastikan cicilan per bulannya bisa terpenuhi oleh gaji. Jangan lupa juga mencari bank yang menawarkan bunga kredit yang ringan dan tidak memberatkan. Jika perlu, negosiasi dahulu dengan pihak tentang besar bunga cicilan.