PT Pikko Land Development Tbk memiliki Landbank diwilayah premium. (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Masih fokus pada pengembangan disektor properti, PT Pikko Land Development Tbk (RODA) ternyata sudah memiliki landbank diwilayah premium. Kepemilikan landbank tersebut menjadi alasan RODA untuk tidak ekspansi menambah lahan baru.

Apalagi, Landbank yang dimiliki Pikko Land tersebar di Senopati, Radio Dalam, Lebak Bulus, MT Haryono, Kemayoran, Sudirman Semanggi di Jakarta.

Oleh sebab itu, perusahaan lebih fokus untuk meningkatkan utilisasi lahan dibanding menambah lahan. “Nilainya mungkin bisa Rp 3 triliun, secara luasan kami ada lebih dari 10 hektare,” kata Nio Yantoni, Presiden Direktur RODA di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Nio, jumlah tersebut memang tidak terlalu besar jika dibandingkan pengembang yang lain. Kendati demikian, landbank milik Pikko Land seluruhnya terletak di kawasan premium yang memiliki potensi yang sangat besar.

“Lahan kami prime jadi bukan perumahan, jadi walaupun secara hektarenya tidak besar tetapi nilainya itu sangat luar biasa dibandingkan dengan perumahan-perumahan tapak,” imbuh Nio.

Berdasarkan laporan keuangan 2017, Pikko Land memiliki total aset Rp 3,55 triliun. Angka aset ini hanya naik tipis 3,49% jika dibandingkan dengan total aset tahun 2016 sebesar Rp 3,43 triliun.

RODA mencatat persediaan sebesar Rp 1,53 triliun pada akhir Desember 2017. Persediaan ini melonjak 43,30% jika dibandingkan dengan akhir periode 2016 sebesar Rp 1,06 triliun. Sementara aset berupa tanah untuk pengembangan sebesar Rp 437,95 miliar.