Enaknya Investasi Kondotel, Tiap 1 Tahun Untung Rp.64 Juta
Investasi Kondotel, Tiap 1 Tahun Untung Rp.64 Juta (Foto: kapanlagi)

INAPEX.co.id, – Kondotel, atau yang cenderung disebut kondo saja, adalah singkatan dari kondominium-hotel. Pada umumnya, kondotel adalah hotel yang unitnya dimiliki oleh sejumlah orang yang berbeda.

Layaknya hotel, kondotel mempunyai berbagai pilihan unit, mulai dari studio sampai suite. Dikatakan kondotel sebab pemilik unit mempunyai hak untuk memakai unit yang dimiliki secara gratis, dengan jumlah hari yang sudah ditetapkan per tahunnya.

Pada umumnya di akhir tahun, atau tiap periode yang disepakati, pemilik unit akan memperoleh pembagian hasil keuntungan sewa unit tersebut.

Sistemnya juga berbeda-beda: ada hitungan yang berdasarkan frekuensi unit disewa, ada juga yang dibagi rata (berdasarkan persentase/tipe unit), terlepas dari unit mana yang laku disewa tiap tahunnya.

Akan tetapi, pergeseran tren menjadikan kondotel saat ini tidak hanya berupa bangunan vertikal saja, melainkan condong ke rumah tapak dengan sentuhan konsep villa.

Biasanya lokasi kondotel berada tak jauh dari pusat pariwisata, misalnya di Bali, Bogor, Bandung, bahkan Belitung yang saat ini tengah dijadikan sasaran berlibur para turis mancanegara dan lokal.

Fasilitas yang diberikan juga beragam, meliputi restoran, kolam renang, taman bermain, spa, ruang meeting, pusat kebugaran, yang apabila dilihat nyaris tidak berbeda dengan hotel berbintang.

Menurut vice principle Century 21 Metro dan Century Metro 1 Kota Harapan Indah, properti jenis kondotel hadir disebabkan pertumbuhan hotel yang kian menanjak.

Biasanya, kondotel hanya dapat dipakai oleh pemilik tujuh kali dalam setahun. Itu artinya, pemilik juga tak bebas menghuninya setiap saat, sebab statusnya yang mesti disewakan ke wisatawan.

Keuntungan kondotel juga mesti dibagi dengan operator yang mengelola. Biasanya, sharing profit sebesar 70% untuk investor dan 30% untuk operator. Akan tetapi, jika mengamati titik impas (Break Even Point/BEP), kondotel sangat menjanjikan hasil yang cepat.

Di Bali, para pelaku investor condotel telah mencapai BEP ini hanya jangka waktu 2 tahun saja. “Maksimalnya tujuh tahun baru dapat titik impas. Tapi kalau lokasinya strategis dan berada di dekat objek wisata menarik, tidak menutup kemungkinan 2 sampai 3 tahun sudah bisa raih BEP,” jelas Yohan.

Sisi menarik lainnya jika investasi kondotel ialah pemberian jaminan ROI (Return of Investment) sebesar 8% per tahun, dalam jangka waktu tiga tahun pertama. Jadi, apabila investor membeli sebuah kondotel senilai Rp.800 Juta, maka ROI yang diperoleh tiap tahunnya sebesar Rp.64 juta.

(rmh)