Apartemen Golf View Cimanggis. (Foto: ist)
Apartemen Golf View Cimanggis. (Foto: ist)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Untuk mendukung mewujudkan program pemerintah menyediakan 1 juta rumah, developer membangun apartemen murah.

Agung Podomoro Land memperkenalkan hunian vertikal dengan mengembangkan Podomoro Golf View (PGV) di Cimanggis Depok, Jawa Barat.

“Kami menatap 2017 yakin industri properti akan membaik.

Khususnya di segmen keluarga muda yang membutuhkan kepemilikan hunian di lokasi strategis. Catatan kami, melalui proyek Podomoro Golf View (PGV) Cimanggis, minat masyarakat sangat tinggi untuk memenuhi kebutuhan dasar papan ini” ujar Agung Wirajaya, AVP Strategic Marketing Agung Podomoro di Jakarta, kemarin.

Ia menambahkan, kawasan PGV akan dikembangkan sekitar 100 hektare ini. Pengembangan PGV merupakan hasil pengembangkan kompleks Kalibata City yang sukses. Oleh karena itu APL gencar menawarkan kepemilikan apartemen murah Podomoro Golf View (PGV).

Tak tanggung-tanggung, kompleks baru ini akan terdiri dari 25 tower apartemen, dengan jumlah unit sebanyak 37.000 unit hunian. “Jika komplek ini nanti sudah selesai, diperkirakan 150 – 200 ribu orang akan menempati kompleks ini,” ungkapnya.

Untuk tahap pertama, sedang dibangun 3 unit tower, dengan kapasitas lebih dari 3.000 unit. Kompleks ini nanti akan dikembangkan menjadi sebuah superblok baru yang dilengkapi berbagai sarana modern seperti mall, sport center, LRT station, hotel, rumah sakit, taman kota, pasar modern, tempat ibadah, shuttle bus, dan sarana pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Untuk pendidikan, telah ada dua lembaga yaitu Universitas Gunadarma dan Yayasan Kanisius yang berkomitmen membangun kawasan ini.

“Mengusung konsep Transit Oriented Development (OTD), superblok PGV Cimanggis Depok ini akan menjadi sunrise properti tahun 2017 di Jabodetabek, selain Bekasi, Serpong dan Bintaro. Untuk itu kami serius membangun super blok PGV Cimanggis menjadi lokasi berkualitas dan kompetitif untuk properti,” katanya.

Lebih lanjut Agung mengatakan, PGV yang berlokasi di Cimanggis, Depok, ini nanti akan memanjakan penghuninya dengan kenyamanan dan kecepatan akses transportasi ke berbagai destinasi di Jabodetabek, karena akan dilengkapi dengan stasiun Light Rail Transit (LRT) yang terhubung ke stasiun Mass Rapid Transit (MRT) dan kereta commuter line Jabodetabak.

Podomoro Golf View ini juga hanya 10 menit ke jalur tol Jagorawi pintu Cimanggis. PGV terletak ditengah-tengah pemukiman asri dan berudara segar, karena dikelilingi 3 padang golf besar yakni Jagorawi Golf and Country Club, Emeralda Golf Club, dan Riverside Golf Club.

Untuk itulah kompleks ini dinamai Podomoro Golf View, karena kemanapun memandang 360 derajat yang ada di sekeliling kompleks adalah padang golf yang hijau asri dan masih ada banyak pohon.

Saat ini, dari 3 unit tower apartemen yang sedang dibangun, yakni Tower Dahoma, Tower Balsa, dan Tower Cordia, hampir 85% sudah ludes dibeli. Rencananya, akan segera dibangun tower 4.

PGV menawarkan tiga tipe apartemen, yakni tipe studio seharga Rp 198 juta, tipe 2 bedroom seharga Rp330 juta, dan tipe 3 bedroom seharga Rp 470 juta. Atau kalau dihitung per satuan sekitar Rp 9,4 juta per meter persegi.

Harga apartemen di Cimanggis ini terbilang murah, apalagi jika dibandingkan dengan harga apartemen-apartemen di wilayah Jabodetabek lain.

Sebagai perbandingan, harga apartemen di Tangerang dan Serpong -yang terletak lebih jauh dari Jakarta- berkisar Rp 17 – 20 juta per meter persegi.

Begitu juga apartemen di Cikarang dan Bekasi berkisar Rp 13 – 15 juta per meter persegi. Bahkan harga apartemen di Bogor dan Sentul yang terletak di selatan Cimanggis juga lebih tinggi, berkisar Rp 10 – 14 juta per meter persegi. Terjangkaunya harga apartemen PGV, sambung Agung, karena proyek ini merupakan bagian dukungan APL untuk pemerintah untuk membantu masyarakat memiliki hunian.

Saat ini pemerintah mempunyai Program Pembangunan 1 Juta Rumah untuk mengatasi kebutuhan 15 juta rumah bagi masyarakat.

Melalui Real Estate Indonesia (REI), pemerintah mengimbau agar para pengembang mendukung program ini. PGV Cimanggis bagian dari program pemerintah itu.