Drywall Lebih Menguntungkan dan Bersih Daripada Batu Bata
Pemasangan Drywall (Foto: Bensonsbuildingsupply)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – “Dibandingkan membuat dengan dinding batu bata biasa, pengaplikasian drywall tak memakai air sehingga lebih praktis dan tak meninggalkan jejak adukan semen yang berceceran seperti kalau membangun dengan sistem konvensional,” papar Managing Director PT Saint-Gobain Construction Products Indonesia (SGCPI), Hantarman Budiono saat menjelaskan kelebihan drywall kepada pers di Jakarta, baru-baru ini.

Cara konvensional untuk membuat dinding atau partisi yakni memakai bata merah maupun bata ringan yang disemen, diaci supaya halus, dan di-coating dengan cat agar tampilan semakin baik.

Perkembangan industri bahan bangunan sekarang ini telah digunakan untuk membuat partisi memakai plasterboard dengan material papan gipsum atau biasa disebut drywall.

Drywall atau dinding kering, menjadikan proses pembuatan dinding efisien, lebih simpel, dan cepat. Ada sejumlah keuntungan membuat partisi dengan skema drywall ini.

Pemakaian papan gipsum sendiri di Indonesia lebih populer dipakai untuk bagian plafon menggantikan material triplek yang kualitasnya kian memburuk sebab kayu yang sangat langka dan mahal.

Padahal, di negara maju pemakaian gipsum sudah meluas hampir di semua bangunan selain kualitasnya yang lebih terjaga oleh hasil produksi pabrikasi.

Tidak hanya skema pemasangan kering, Hantarman mengatakan setidaknya ada 5 kelebihan yang bisa diperoleh jika memakai produk ini daripada produk konvensional.

Proses pemasangan cepat
Proses pemasangan yang cenderung lebih praktis dan ringkas membuat skema drywall ini 4 kali lebih cepat daripada metode konvensional dengan tenaga kontraktor yang juga sangat minim untuk mengerjakan luasan yang serupa.

Enteng
Drywall tersebut dapat 10 kali lebih ringan daripada dinding batu bata. Untuk apartemen yang sangat tinggi, pemakaian drywall tersebut dapat mengurangi volume beban konstruksi yang sangat signifikan. Hasil riset mengatakan, pemakaian drywall dapat menghemat biaya struktural sampai 15 persen.

Fleksibel
Drywall begitu fleksibel dalam menciptakan dan membagi ruang berdasarkan kebutuhan hingga memungkinkan untuk memaksimalkan area yang digunakan. Misalnya untuk membuat toilet di mal atau gedung, cubicle ruang kantor, co working space, dan lain-lainnya.

Performa terbaik
Pada dinding bata diperlukan ketebalan yang cukup untuk meredam suara. Sedangkan memakai drywall dapat meredam suara hanya ketebalan yang lebih tipis.

Terlebih dengan teknologi khusus yang dipunyai Gyproc yaitu Gryptone Big, produk tersebut mempunyai kemampuan penyerapan suara (akustik) yang cukup tinggi. Ada juga produk-produk khusus yang tahan api sampai anti bakteri.

Daya tarik estetis
Dengan memakai drywall akan memudahkan dekorasi permukaan dinding sebab permukaannya yang mulus, halus, dan bebas retak sehingga mudah untuk dibuat dekorasi apapun. Drywall juga bisa dicat, ditempel wall cover, dan pasang keramik.

(he)