Di Indonesia Ada 16 Orang Miliarder dan 27.100 Jutawan
Miliarder Di Indonesia (Foto: dream)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Knight Frank dalam riset Wealth Report 2017 mengungkap jumlah miliarder Indonesia dengan aset lebih dari 1.000 juta dollar AS atau ekuivalen Rp.13,3 triliun sebanyak 16 orang.

Kekayaan bersih individu dihitung menurut aset tidak bergerak, misalnya properti, seperti hotel, vila, pergudangan, dan kondotel, serta aset bergerak. Aset yang dihitung tak termasuk rumah pribadi yang dihuninya.

Knight Frank memasukkan orang-orang kaya tersebut dalam empat kategori, jutawan, multijutawan, centa millionaires, dan miliarder.

Orang-orang yang masuk kategori jutawan ialah kalangan dengan aset di atas 1 juta dollar AS atau setara Rp.13,3 miliar.

Untuk multijutawan merupakan mereka kaya yang mempunyai nilai aset lebih dari 10 juta dollar AS atau Rp.130 miliar.

Kemudian, orang centa millionaires yang memiliki kekayaan melebihi 30 juta dollar AS atau senilai Rp.400,8 miliar.

Terakhir, para miliarder beraset 1.000 juta dollar AS. Tentu saja, orang kaya yang masuk kategori ini begitu istimewa.

Tak hanya masuk dalam daftar yang dikeluarkan Knight Frank, namun juga masuk dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

Orang-orang tersebut diantaranya Michael Budi Hartono, Robert Hartono, Sri Prakash Lohia, Chairul Tanjung, Tahir, Mudaya Poo, Theodore Rahmat, Mochtar Riady, Peter Sondakh, Ciputra, dan Sukanto Tanoto.

Lalu ada Martua Sitorus, Eddy Suriadi Sariatmadja, Djoko Santoso, Soegiarto Adikusumo, dan Bachtiar Karim.

Jumlahnya Orang Kaya Meningkat

Pertumbuhan ekonomi boleh saja melambat, dunia bisnis juga belum kembali pulih seratus persen, tetapi populasi jutawan di Jakarta malah terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan Laporan Kekayaan atau Wealth Report 2017 yang dirilis Knight Frank, jumlah orang dengan kekayaan lebih dari 1 juta dollar AS atau ekuivalen Rp.13,3 miliar, sekitar 27.100 orang.

Tahun lalu, jutawan yang tinggal di ibu kota Indonesia sekitar 26.600 orang. Jumlah ini bartambah 1,23 persen dalam jangka satu tahun.

Bagi kalangan yang masuk kategori multijutawan berjumlah 1.530 orang dan centa millionaires sebanyak 710 orang. Angka ini naik 2 persen lebih tinggi daripada tahun sebelumnya.

Knight Frank memprediksi pada 2026 mendatang jumlah jutawan Indonesia bertambah hingga 59.400 orang, multijutawan sekitar 3.060 orang, centa millionaires bakal sebanyak 1.370 orang, dan miliarder jadi 19 orang.